Untad Eratkan kerjasama Dengan Kabupaten Pohuwato

  • Whatsapp
HLL

PALU, MERCUSUAR – Universitas Tadulako (Untad) menjalin kerjasama Pemerintah Kabupaten Pohuwato, Provinsi Gorontalo, terkait penyelenggaraan pendidikan kedokteran mahasiswa kedokteran penerima beasiswa tahun akademik 2020/2021. Kerjasama ini ditandai dengan penandatanganan perjanjian kerjasama antara kedua belah pihak, yang masing-masing ditandatangani oleh Rektor Untad, Prof. Dr. Ir. Mahfudz, MP serta Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga, Kamis (3/6/2021), bertempat di Gedung Media Center Untad. 

Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga, dalam sambutannya usai penandatanganan perjanjian kerjasama tersebut mengatakan, perguruan tinggi memiliki peran strategis dalam mendukung percepatan pembangunan daerah. Atas dasar hal tersebut Pemkab Pohuwato memandang kerjasama dengan Untad ini, sebagai langkah strategis untuk mendukung visi misi Pemkab, yang salah satunya mengedepankan peningkatan derajat kesehatan masyarakat. 

Berita Terkait

Pilihan Redaksi :  Eko Wandowo Gelar 'Kupatan' di TVRI

“Kami memilih Untad sebagai salah satu perguruan tinggi yang bermitra dengan kami sejak 2017. Kami melihat Untad sebagai salah satu perguruan tinggi kenamaan di Palu, bahkan di kawasan Indonesia Timur,” ujarnya. 

Bupati juga mengucapkan terima kasih atas kesediaan Untad bekerjasama dengan Pemkab Pohuwato selama ini, sehingga jumlah mahasiswa kedokteran dari Pohuwato saat ini berjumlah 11 orang

“Pada angkatan 2017 ada 3 orang, angkatan 2018 ada 4 orang, angkatan 2019 ada 3 orang, dan angkatan 2021 ada 1 orang,” ujarnya. 

Penandatanganan perjanjian kerjasama ini kata bupati, dalam rangka untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) Kabupaten Pohuwato, di bidang kesehatan. Pihaknya yakin, dengan penandatanganan perjanjian kerjasama ini, akan terwujud visi misi daerah dalam hal peningkatan derajat kesehatan tersebut. 

Pilihan Redaksi :  Eko Wandowo Gelar 'Kupatan' di TVRI

“Momentum penandatanganan perjanjian kerjasama ini, kian meningkatkan komitmen kita, untuk terus meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di kabupaten Pohuwato,” ujarnya. 

Pihaknya juga berharap, semoga kerjasama ini ke depan dapat merambah bidang lainnya. 

Sementara itu, Rektor Untad, Prof. Dr. Ir. Mahfudz, MP, dalam sambutannya mengatakan, keinginan Kabupaten Pohuwato di setiap kecamatan terdapat dokter yang merupakan putera daerah Pohuwato, yang mendasari kerjasama ini. 

Kerjasama ini kata rektor, diharapkan juga direplikasi kabupaten-kabupaten di Sulteng, untuk melakukan hal yang sama. Sejumlah kabupaten di Sulteng seperti Kabupaten Poso dan Kabupaten Sigi, kemudian juga melakukan hal serupa. 

“Insya Allah anak-anak Pohuwato yang menimba ilmu di Fakultas Kedokteran Untad, kualitasnya kami jamin. Mereka akan jadi simbol Untad di Kabupaten Pohuwato dan Provinsi Gorontalo bahwa lulusan Untad, tidak mengecewakan,” ujarnya. 

Pilihan Redaksi :  Eko Wandowo Gelar 'Kupatan' di TVRI

Rektor juga mengatakan, Untad membuka ruang untuk kerjasama di bidang lain, misalnya bidang penelitian dan pengabdian. Kata dia, SDM Untad siap berkontribusi untuk pengembangan Kabupaten Pohuwato. 

Dalam penandatanganan perjanjian kerjasama ini, Bupati Pohuwato didampingi Wakil Bupati, Hj. Suharsi Igirisa, Sekkab, camat, serta jajaran OPD di lingkup Pemkab Pohuwato. Sementara Rektor Untad didampingi Wakil Rektor Bidang Pengembangan dan Kerjasama, Prof. Dr. Amar, ST., MT, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Dr. Sagaf, MP, para dekan, serta segenap sivitas akademika Untad. JEF

Baca Juga