UPT Pengembangan Bahasa UIN Datokarama Palu, Laksanakan Datokarama Arabic and English Community

  • Whatsapp
UIN-c08fc1cf

PALU, MERCUSUAR – Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengembangan Bahasa Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu terus berupaya mewujudkan visinya, menjadi pusat pengembangan bahasa yang unggul dalam pelatihan dan pelayanan tes bahasa, penerjemahan, dan pembudayaan literasi. Upaya ini, salah satunya dilakukan dengan melaksanakan pelatihan Bahasa Arab dan Bahasa Inggris bagi mahasiswa, bertajuk Datokarama Arabic and English Community.

Kegiatan yang berlangsung dari 20-28 November 2021 lalu ini, dibuka pada 19 November 2021. Kegiatan ini menghadirkan empat instruktur yang membina 40 mahasiswa yang terbagi dalam dua kelas, masing-masing 20 mahasiswa untuk kelas Bahasa Inggris dan 20 mahasiswa untuk kelas Bahasa Arab.

Demikian dikatakan Ketua Panitia Datokarama Arabic and English Community, Mohamad Syafri, M.Pd, Kamis (9/12/2021). Menurutnya, dalam kegiatan yang berlangsung selama dua minggu ini, para mahasiswa didampingi para instruktur, mempelajari Bahasa Inggris dan Bahasa Arab, dengan metode blended learning, yakni memadukan antara teori dan praktik.

Kegiatan ini dilaksanakan secara luring di kampus UIN Datokarama Palu, dengan penerapan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19 yang ketat. Selama kelas berlangsung, mahasiswa dan instruktur diwajibkan menggunakan masker, serta menjaga jarak.

Menurut Syafri, adapun output dari kegiatan ini, diharapkan para mahasiswa yang menjadi peserta, menguasai skill dan kemampuan berbahasa asing, sesuai kelas yang dipilih. Untuk kelas Bahasa Arab misalnya, diharapkan mampu membaca kitab kuning dan untuk kelas Bahasa Inggris, diharapkan mampu menggunakan kemampuannya berbahasa Inggris untuk writing (menulis).

UPT Pengembangan Bahasa UIN Datokarama Palu yang dinakhodai Prof. Dr. H. Abidin Jafar, M. Ag, memiliki lima misi, yakni memberikan pelatihan kebahasaan untuk meningkatkan kemahiran berbahasa, memberikan layanan tes kebahasaan yang kredibel serta menjalin kerjasama dengan lembaga tes kebahasaan standar secara nasional dan internasional, mengembangkan materi pelatihan dan soal tes kebahasaan, memberikan layanan penerjemahan bahasa, serta mengembangkan writing center dalam rangka pengkajian sastra dan penguatan pembudayaan literasi.

Kegiatan Datokarama Arabic and English Community ini merupakan salah satu langkah, untuk mewujudkan misi yang diusung oleh UPT tersebut. JEF

Baca Juga