YEU Edukasi Siswa Mengenai Pengelolaan Plastik

  • Whatsapp

PETOBO, MERCUSUAR- YAKKUM Emergency Unit (YEU) bekerja sama dengan Bank Plastik Ngatabaru, Sigi melaksanakan edukasi atau kampanye pengurangan penggunaan plastik kepada ratusan siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 3 Palu, Kamis (30/11/2023).

Koordinator Project Perempuan Pengusaha Plastik Area Palu, Elfrida Julianti mengatakan, tujuan utama dari kegiatan yang menyasar para siswa-siswi di MTsN 3 Palu adalah untuk mengedukasi para siswa bagaimana mengelola plastik melalui konsep yang biasa disebut 3R (Reuse, Reduce, Recycle).

“Melalui kampanye plastik ini,kita berharap bisa menambah pengetahuan anak-anak di sekolah, minimal dia bisa cerita ke orang tuanya bagaimana mengelola sampah plastik sehinga bernilai ekonomi,” ujarnya.

Dia menambahkan, meskipun sejauh ini YEU melalui project pengelolaan plastik lebih intens memberdayakan para kaum perempuan, namun pihaknya tetap menyasar sekolah-sekolah mulai tingkat SD sampai SMP, bahkan ke rumah-rumah ibadah untuk mengkampanyekan pengelolaan plastik.

“Dari proyek ini, YEU sendiri memiliki dua dampingan yakni Bank Plastik di Kelurahan Talise untuk Kota Palu dan juga di Ngatabaru,” jelasnya. 

Sementara, Kepala MTsN 3 Palu, Hj. Zaenab mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi kegiatan yanh dilaksanakan tim dari YEU, karena kampanye plastik itu berkaitan dengan apa yang telah diprogramkan di madrasah tersebut.

“Jadi program ini sangat baik, demi pengurangan penggunaan plastik di madrasah ini, karena kebetulan madrasah kita ini menuju Adiwiyata Mandiri,” ujarnya.

Menurutnya, untuk memwujudkan program tersebut, pihaknya telah membentuk kelompok siswa yang lebih intens dalam hal menggunakan kembali, mengurangi serta mengolah plastik.

Kampanye yang digelar di luar kelas itu, para siswa diberi pemahaman mengenai cara memilah sampah, mengenal jenis-jenis plastik, serta cara atau prosedur untuk menabung di Bank Plastik. AMR

Baca Juga