Bimtek Pra POPNAS Wilayah V,6 Provinsi Siap Tampil di Ajang Pra Popnas di Palu

  • Whatsapp
Pra POPNAS-65634c93
Suasaana Bimbingan Teknis Pra POPNAS yang dihadiri pimpinan kontingen enam provinsi serta delegasi pengurus pusat induk olahraga,  Selasa (20/9/2022).

PALU,MERCUSUAR – Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sulteng Irvan Aryanto menyebut Provinsi Sulawesi Tengah selaku tuan rumah Pra Popnas tahun 2022 telah menyiapkan akomodasi hotel berbintang serta venue yang memenuhi standar nasional bahkan internasional sekelas Gelora Bumi Kaktus (GBK). Hal ini dikatakan Irvan Aryanto dihadapan Chief de Mission di kegiatan Bimtek SDM Penyelenggaraan Pra Popnas wilayah V, Selasa (20/9/2022).

“Untuk akomodasi tidak ada masalah karena jumlah hotel di Palu ini memenuhi syarat dan jumlahnya cukup. Sementara venue beberapa yang disiapkan diantaranya GBK, GOR Siranindi, GOR Gawalise, Stadion Gawalise, dan Sentral Sport,” kata Irvan Aryanto.

Berita Terkait

Diketahui, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menggelar Bimbingan Teknis SDM Penyelenggaraan Pra Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Pra Popnas) Zona V tahun 2022 di Palu. Pra Popnas Zona V tersebut bakal digelar pada 8-13 November 2022.

Bimtek ini diikuti oleh para Chief De Mission (CDM) dari tujuh provinsi peserta Popnas Zona V yaitu Sulawesi Utara, Gorontalo, Maluku, Maluku Utara, Papua Barat dan Sulteng selaku tuan rumah. Juga dihadiri Technical delegate (TD) delapan cabang olahraga (Cabor) dari Pengurus pusat.

Pra POPNAS Zona V bakal dihadiri 897 atlet dan pelatih serta 89 official. Delapan cabang olahraga yang dipertandingkan yaitu bulutangkis, tenis lapangan, sepak bola, bola basket, bola voli indoor, sepak takraw, tinju dan pencak silat. “Insya Allah Pra POPNAS zona V ini berlangsung sukses. Karena ivent ini barometer prestasi pelajar di Sulteng menuju POPNAS 2023 di Palembang,” kata Irvan.

Sementara itu Kepala Bidang Kompetisi Usia Muda Deputi pada Asisten Deputi Pembibitan dan IPTEK Olahraga Kemenpora Bambang Siswanto mengatakan Pra POPNAS dulunya bernama Pekan Olahraga Wilayah (POPWIL). Selaras dengan Desain Besar Olahraga Nasional (DBON), POPNAS akan diubah namanya menjadi Pekan Olahraga Nasional Pelajar disingkat PON Pelajar. “Perubahan POPNAS menjadi PON Pelajar ini akan diputuskan pada Rakernas. Mulai dari Pra PON Pelajar berlanjut ke PON Pelajar. Selaras dengan DBON agar olahraga kita satu arah menuju prestasi dari PON Pelajar, PON Mahasiswa, PON hingga SEA Games, Asian Games dan Olimpiade,” kata Bambang. CLG

Baca Juga