P3K2 Untad, Outbound Bentuk Karakter Kepemimpinan Mahasiswa

  • Whatsapp
OUBOUND-707071a8

PARMOUT, MERCUSUAR – Pusat Pembinaan dan Pengembangan Kegiatan Kemahasiswaan (P3K2) Universitas Tadulako (Untad) melaksanakan kegiatan outbound, selama dua hari, bertempat di Pantai Lambora, Desa Silangaa, Kecamatan Siniu, Kabupaten Parigi Moutong. Kegiatan outbound ini merupakan rangkaian dari Latihan Kepemimpinan Manajemen Mahasiswa (LKMM), yang dikuti segenap perwakilan Lembaga Kemahasiswaan di Untad, dari 12 hingga 17 Oktober 2021.

Sebelumnya, para peserta menerima materi terkait manajemen kepemimpinan, yang dilaksanakan di Media Center Lantai 2 Untad. Kemudian, dilanjutkan dengan outbound selama dua hari, pada 16 dan 17 Oktober 2021.

Ketua P3K2 Untad, Dr. Vitayanti Fatah, SE., M.Si mengatakan, LKMM, termasuk di dalamnya kegiatan outbound, adalah prioritas P3K2 untuk dilakukan setiap tahun. Adapun tujuan kegiatan ini kata dia, yakni membuka cakrawala pemikiran mahasiswa tentang kepemimpinan dan manajemen ketua dan pengurus lembaga mahasiswa. Kemudian, menjalin hubungan sinergitas antara lembaga mahasiswa di tingkat Untad, membentuk karakter kepemimpinan mahasiswa untuk pengurus lembaga Untad di periode 2022, membangun kerjasama tim dalam menghadapi persoalan lembaga secara terstruktur dan memberikan solusi yang tepat sesuai dengan kebutuhan anggota lembaga, dan membangun komitmen ysng kuat terhadap calon pemimpin, yang mementingkan kepentingan umum di atas kepentingan pribadi dan golongan.

Sementara itu, Wakil Rektor Untad bidang Kemahasiswaan, Dr. Ir. Sagaf, MP, yang hadir juga sebagai pemateri dalam outbound tersebut mengatakan, kegiatan outbound memotivasi lembaga untuk kekompakan, kebersamaan, menurunkan egoisme, serta membina dan menjaga kerjasama tim dalam bentuk permainan-permainan yg santai. Demikian juga kata dia, ada spirit pendelegasian tugas, ada kesinambungan kepemimpinan mahasiswa dalam kegiatan tersebut.

Dalam kegiatan ini sendiri, Warek bidang Kemahasiswaan dibantu oleh 10 orang fasilitator dari mahasiswa dan pegawai Untad, juga bidang kemahasiswaan. Kegiatan ini juga menghadirkan dua pemateri lainnya, yakni Drs. Agus Wijaya, S.Pd, MM., M.Si, serta Eny Setyawati, S.Sos., MM.

Adapun kegiatan dalam outbound ini terdiri dari 10 kegiatan, yakni susur sungai, electric fan, save the water, ember bocor, tembak balon, move the bom, triangle, tongkat roda, save your team, serta uproject. JEF  

Baca Juga