Pemda Parmout Diajak Kolaborasi Pasarkan Ikan ke Eropa

  • Whatsapp
Duta Besar Negara Republik Of Seychelles, Niko Barito memberikan sambutan di puncak Harkannas di Parigi Moutong, Senin (21/11). Foto: Tia

ARIGI, MERCUSUAR- Duta Besar (Dubes) Negara Republik Of Seychelles, Niko Barito mengajak Pemerintah Daerah (Pemda) Parigi Moutong (Parmout), untuk berkolaborasi memasarkan ikan hingga ke Benua Eropa.

Hal itu diungkapkanya pada saat memberikan sambutan di acara puncak Hari Ikan Nasional (Harkannas) yang ke-9 di Kabupaten Parigi Moutong, Senin (21/11) kemarin.

“Saya usulkan kepada Wakil Bupati Parmout, H. Badrun Nggai, agar ikan di Kabupaten Parmout  bukan hanya dikonsumsi di ASIA saja, akan tetapi saya mengajak untuk  bersama Republik Of Seychelles masuk ke Eropa,” katanya.

Dikatakan, dengan kolaborasi tersebut dipastikan akan memperbaiki nilai tambah ekonomi. Bahkan, terjadi diversifikasi pasar.

Nantinya kata dia, usulan tersebut akan ditindaklanjutinya dengan petunjuk Menteri Perikanan dan Kelautan, Sakti Wahyu Trenggono.

“Konektivitas Republik Of Seychelles ke Eropa itu sangat baik. Brand dari ikan hasil lautan Hindia, laut kita bersama. Karena negara kami dan Indonesia berbagi lautan yang sama,” katanya.

Dijelaskan juga, Republik Of Seychelles merupakan negara kepulauan maju di Lautan Hindia. Perekonomiannya, berasal dari pariwisata, perikanan dan jasa. Saat ini, income per kapita negara tersebut mencapai 30 USD.

“Tetapi kami tidak melaksanakan Harkannas. Di sini, saya melihat Indonesia, bagaimana Pemda menggalakan perpaduan nelayan tradisional dengan kearifan lokal dan potensi daerah,” ujarnya.

Baca Juga