PUPRP Parmout Bangun Jalan dari DBH Sawit

  • Whatsapp

PARIGI MOUTONG, MERCUSUAR – Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Pertanahan (PUPRP) Kabupaten Parigi Moutong (Parmout) akan membangun ruas jalan sepanjang 2,1 kilometer, dari Sidole hingga Tanampedagi di Kecamatan Ampibabo.

Plt. Kepala Dinas PUPRP Parmout, Adrudin Noor kepada Mercusuar, Senin (5/2/2024) mengatakan, anggaran pembangunan jalan tersebut bersumber dari Dana Bagi Hasil (DBH) kelapa sawit.

“Ruas jalan yang akan dibangun itu, akan menelan biaya sekitar Rp4,1 miliar, yang bersumber dari DBH,” ujar Adrudin.

Saat ini, lanjut Adrudin, pihaknya melalui Bidang Jasa Marga tengah menyusun Daftar Harga Sendiri atau Harga Perkiraan Sendiri (HPS), untuk selanjutnya dilakukan proses pelelangan.

Mantan Kepala Inspektorat Parmout itu menjelaskan, DBH adalah dana yang bersumber dari pendapatan APBN, yang dialokasikan kepada daerah berdasarkan persentase tertentu, untuk mendanai kebutuhan daerah dalam rangka pelaksanaan desentralisasi.

Untuk tahun 2024, Dinas PUPRP Parmout kembali mendapatkan DBH kelapa sawit, yang kemudian direncanakan akan melanjutkan proses pembangunan 1,9 kilometer ruas jalan Santi Baru hingga Lebaksiren Kecamatan Kasimbar sepanjang dengan anggaran sekira Rp3,7 miliar.

“Prosesnya sudah sampai dalam pembahasan dokumen perencanaan bersama Balai Jalan Nasional,” tutupnya. MBH

Baca Juga