Lulusan MI Sis Aljufri Wajib Hafal Quran 1 Juz

MI Sis Aljufri-bf9d9795
FOTO BERSAMA - Kepala Kemenag Kota Palu, Nasruddin L. Midu bersama Kepala MI Sis Aljufri Palu dan sejumlah murid yang berhasil meraih penghargaan dari sekolah pada saat kelulusan, Jumat (24/6/2022).FOTO: Dok. MI Sis Aljufri Palu 

SIRANINDI, MERCUSUAR – Madrasah Ibtidaiyah (MI) Sis Aljufri Kota Palu mewajibkan seluruh muridnya yang lulus harus bisa menghafal Quran 1 Juz. Terget tersebut sebagai salah satu program unggulan di madrasah.

Pada perpisahan sekaligus pelepasan para siswanya madrasah juga melaksanakan wisuda bagi para murid yang telah selesai membaca quran. Selain itu sekolah tersebut juga memberikan penghargaan kepada para murid yang menghafal lebih dari 1 juz.

“Pada acara perpisahan itu, selalu menjadi momen mengharukan bagi sebuah lembaga pendidikan, khususnya bagi MI Sis Aljufri Palu. Dalam rangkaian acara, dilakukan khatam Qur’an bagi para murid MI dan pemberian hadiah bagi para Hafiz Qur’an,” kata Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Palu, Nasruddin L. Midu.

Nasruddin mengatakan apa yang dilakukan oleh MI Alkhairaat Sis AlJufri sejalan dengan program Kemenag Kota Palu, dimana Madrasah Ibtidaiyah diwajibkan bisa meluluskan murid yang dapat menghafal satu Juz Al-Quran.

“Untuk tingkat MI kita wajibkan juz 30, mulai dari Surah An-Naba’ sampai An-Nas, untuk tinggat MTs diwajibkan juz 29 atau juz 1 begitupun MA, juz 1 atau 29, jadi totalnya 3 juz,”terangnya.

Walaupun diwajibkan untuk menghafal 1 juz selama menempuh pendidikan di madrasah, namun dirinya bersyukur, karena di tahun lalu, ada lulusan salah satu madrasah di Kota Palu yang melampaui target, yakni sanggup menghafal hingga 18 juz AlQuran.

“Olehnya itu pada momentum ini saya memberikan pesan agar prestasi yang telah dicapai ini bisa terus dikembangkan dengan cara melanjutkan pendidikan siswa di tingkat madrasah. Kemudian untuk mengasah bakat Hafizul Qur’an, saya sarankan bagi orang tua siswa untuk melanjutkan pendidikan anaknya ke lembaga madrasah,” tambahnya.

Tahun ajaran 2021/2022 ini, MIS Sis Aljufri Palu yang dipimpin oleh Kamad Irmawati itu berhasil meluluskan 30 siswa kelas VI. UTM

Pos terkait