MAN IC Palu,  Latih Guru Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar

MAN IC-b67f757f
PAPARAN - Plt Kepala Kementerian Agama Sulteng, Makmur Ali saat memberikan materi penerapan kurikulum merdeka belajar kepada para guru MAN IC Kota Palu, Selasa (26/6/2022).FOTO: RUSTAM/MS

LOLU SELATAN, MERCUSUAR – MAN Insan Cendekia (IC) Kota Palu melaksanakan workshop atau pelatihan kepada seluruh guru tentang impementasi kurikulum Merdekat Belajar, di salah satu hotel di Kota Palu, Minggu (26/6/2022).

Pada pelatihan tersebut hadir langsung pemateri Plt Kepala Kementerian Agama Sulteng, Makmur Ali dan Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Sulteng, Syam Zaini yang juga merupakan Kepala SMAN 4 Palu yang telah masuk dua tahun menerapkan pendidikan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar.

Makmur Ali mengatakan, sesuai dengan arahan Kementerian Agama RI nomor 347 Tahun 2022 tentang implementasi kurikulum merdeka belajar pada madrasah perlu dilakukan adaptasi sesuai dengan ciri dan kebutuhan pembelajaran di madrasah.

“Madrasah harus bisa menerapkan Implementasi Meredeka dengan standar isi,dan capaian pembelajaran kompentensi inti, yang ditetapkan oleh pemerintah dengan memberi kewenangan melakukan kresasi dan inovasi dalam mengembangkan kurikulum oprasional di masing-masing madrasah,”katanya, Minggu (26/6/2022).

Ia menambahkan bahwa kurikulum merdeka diterapkan di madrasah secara bertahap mulai tahun ajaran 2022/2023 untuk tingkat MI, MTs dan MA sederajat. Jadi nantinya seluruh madrasah yang telah menerapkan Kurikulum merdeka bisa menjadi piloting atau percontohan bagi madrasah lainnya.

“Kami berharap agar MAN IC Kota Palu yang merupakan madrasah akademi dan unggulan di Kemenag RI pada tahun 2022/2023 bisa menjadi salah satu madrasah percontohan Impementasi Kurikulum Merdeka Belajar.Alhamdulillah sesuai dengan data bahwa saat ini MAN IC Kota Palu telah mendaftar sebagai madrasah percontohan untuk penerapan kurikulum merdeka belajar,”terangnya.

Sementara itu, Kepala MAN IC Kota Palu, Soim Anwar mengatakan bahwa telah mendaftarkan diri sebagai salah satu madrasah yang akan menerapkan Kurilum Merdeka belajar. “Pada kegiatan ini kami menggandeng Kepala SMAN 4 Palu yang merupakan salah satu sekolah yang telah menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar sejak awal. Kerjasama ini sebagai bentuk percepatan bimbingan kepada para guru dalam menguasai penerapan kurikulum merdeka belajar,” terangnya.

Ia mengatakan bahwa pihaknya akan terus mendukung seluruh program dari pemerintah dalam peningkatan kualitas pendidikan yang ada di madrasah. Makanya MAN IC Kota Palu sebenarnya sudah sangat siap untuk bisa mengimplementasikan kurikulum merdeka belajar kepada seluruh siswa. UTM

Pos terkait