UIN Datokarama, Mulai Buka Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur Mandiri

Dr. Hamka

LERE, MERCUSUAR – Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama mulai membuka penerimaan mahasiswa baru jalur mandiri, bagi generasi muda di Provinsi Sulteng dan sekitarnya yang ingin melanjutkan pendidikan jenjang strata satu.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga UIN Datokarama, Dr. Hamka, Rabu (5/6/2024) mengemukakan, penerimaan mahasiswa baru jalur mandiri terbagi dalam dua tahap.

Dr. Hamka menjelaskan, tahap pertama dilaksanakan pada 1 – 30 Juni 2024. Tahap pertama diperuntukan bagi calon pendaftar/generasi muda alumni SLTA sederajat di Provinsi Sulteng, yang telah lulus/menamatkan pendidikan tingkat SLTA sederajat tiga tahun yang lalu.

“Generasi muda yang telah lulus SLTA sederajat tiga tahun yang lalu atau tahun akademik 2020/2021 dapat mendaftar di tahap pertama penerimaan mahasiswa baru jalur mandiri,” ujar Dr. Hamka.

Para alumni SLTA sederajat yang telah selesai menempuh pendidikan tingkat SLTA tiga tahun yang lalu, secara otomatis tidak dapat mendaftar masuk perguruan tinggi jalur UMPTKIN dan jalur SPAN.

Namun, mereka dimungkinkan untuk mendaftar pada jalur mandiri khususnya pertama. Akan tetapi, mereka hanya dapat mendaftar pada prodi keagamaan. 

“Mereka hanya bisa mendaftar di program studi yang dinaungi langsung oleh Kemenag,” ujarnya.

Para generasi muda yang mendaftar, akan mengikuti tahapan seleksi yang dilaksanakan serentak berbasis online pada 2 Juli 2024 untuk tahap pertama.

Sementara untuk tahap ke dua penerimaan mahasiswa baru jalur mandiri, kata Dr Hamka, terbuka untuk umum, yaitu bagi alumni SLTA sederajat yang telah menamatkan pendidikan formal dan ingin melanjutkan studi jenjang strata satu.

Pos terkait