ASN dan Kades Diminta Netral di Pemilu 2024

  • Whatsapp

TOLITOLI, MERCUSUAR –  Anggota Bawaslu Provinsi Sulawesi Tengah, Rasyidi Bakry, menegaskan pentingnya menjaga netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Kepala Desa dalam menghadapi Pemilu tahun 2024. Jum’at (09/02/2024)

Dalam kegiatan “Sosialisasi Perundang-Undangan Terkait Netralitas ASN dan Kepala Desa Pada Pemilu Tahun 2024” di Hotel Mitra Utama Toli-Toli, Rasyidi menyampaikan bahwa netralitas ASN menjadi kunci untuk memastikan proses pemilu berlangsung adil dan tidak memihak.

“ASN bertanggungjawab untuk menjunjung tinggi kepentingan publik dan memastikan bahwa kegiatan pemerintah dilaksanakan secara adil dan tidak memihak,” ucap Rasyidi.

Dalam penyelenggaraan Pemilu, Penegasan bahwa ASN dan Kepala Desa harus bersikap netral tertuang dalam UU No 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum pasal 280 Ayat (2) yang berbunyi Pelaksana dan/atau tim kampanye dalam kegiatan Kampanye Pemilu dilarang mengikutsertakan;Aparatur Sipil Negara;Kepala Desa.

Kegiatan sosialisasi yang dihadiri oleh peserta dari ASN dan Kepala Desa di Kabupaten Tolitoli, Koordinator Divisi Hukum dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Sulteng ini memberikan penekanan betapa krusialnya peran netralitas ASN dan Kepala Desa dalam pemilu.

Rasyidi berharap melalui kegiatan ini, para peserta dapat lebih memahami dan menerapkan prinsip netralitas dalam setiap tahapan pemilu memberikan kontribusi positif dalam menciptakan pemilu yang transparan, adil, dan demokratis.*/CR1

Baca Juga