BAWASLU PALU, Tingkatkan Penguatan SDM Melalui P3D

  • Whatsapp
Ivan Yudarta-4cd507c5

PALU, MERCUSUAR – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Palu saat ini terus melaksanakan penguatan Sumber Daya Manusia di internal.

Salah satunya adalah menggelar kegiatan ‘launching’ Pojok Pengawasan Pemilu Digital (P3D), sekaligus sosialisasi pengawasan partisipatif di salah satu cafe di Kota Palu pada 25 November pekan lalu.

“Pekan lalu kami ‘launching’ pojok pengawasan berbasis digital. Yang melaunching pihak Bawaslu provinsi melalui Kepala Sekretariat Bawaslu, Anayanthy Sovianita,” ujar Ketua Bawaslu Kota Palu, Ivan Yudarta saat ditemui di kantornya, Rabu (1/12/2021).

Ia mengemukakan pojok pengawasan adalah program dari Bawaslu RI yang sudah ada di setiap Bawaslu, namun masih dalam bentuk manual sebab ada tempat khusus yang disediakan di kantor Bawaslu.

“Tapi oleh Bawaslu Kota Palu sendiri, di-upgrade lagi menjadi digital untuk memudahkan orang mendapatkan informasi atas kerja-kerja pengawasan yang dilakukan oleh Bawaslu Kota Palu,” katanya.

Untuk program yang berbasis digital itu, kata Ivan, Bawaslu Kota Palu yang pertama di Sulteng.

Target dari pembentukan pojok pengawasan digital itu adalah ingin mewujudkan keinginan Bawaslu RI untuk menjadikan Bawaslu sebagai laboratorium pengawasan Pemilu.

“Jadi teman-teman yang akan meneliti terkait dengan Pemilu bisa mengambilnya sebagai referensi. Beberapa tahun ini kami juga sudah membuka ruang,” jelasnya.

Ia mengungkapkan bahwa sudah ada beberapa mahasiswa yang sedang menyelesaikan studi, mengambil beberapa data dari Bawaslu Kota Palu, terkait pengawasan dan penyelesaian sengketa.

Ditambahkannya, P3D itu juga bertujuan untuk membuka ruang bagi masyarakat untuk mengetahui sejauhmana kerja-kerja Bawaslu dalam melakukan pengawasan.
Saat ini, lanjut dia, perangkat lunak sudah ada dalam bentuk website dan sudah bisa diakses. Nantinya, pihaknya akan meminta masukan dari pihak-pihak yang sudah mengakses P3D, terkait ha;-hal apa lagi yang perlu dimasukkan.

“Sembari kita juga mengupdate data-data, semisal tulisan-tulisan. Makanya di masa-masa belum ada tahapan ini, kita terus melakukan upgrade, termasuk dari sisi SDM,” katanya. BOB

Baca Juga