Akses Utama Warga Siwongi ke Kebun

  • Whatsapp

SIGI, MERCUSUAR – Jembatan kantong produksi yang dibangun Pemerintah Desa (Pemdes) Siwongi, Kecamatan Kulawi menjadi akses utama warga setempat untuk menuju kebun, dimana warga kini tidak perlu kesulitan lagi mengangkut hasil bumi.

“Kami membangun jembatan tersebut menggunakan Dana Desa atau DD tahun anggaran 2017. Sebelumnya masyarakat menyeberangi sungai itu harus menggunakan batang bambu. Sekarang sudah ada jembatan permanen,” kata Kepala Desa (Kades) Siwongi Deus F Padoma, Senin (2/4/2018).

Berita Terkait

Menurutnya, warga setempat terbantu dengan adanya jembatan itu karena juga menjadi salah satu pusat perekonomian warga. Apalagi warga Desa Siwongi dalam satu dusun memiliki jumlah kepala keluarga (KK) sekira 90 KK dan bergantung pada pertanian serta perkebunan.

Pilihan Redaksi :  Reses Anggota DPRD Sulteng, Warga Parmout Minta Perbaikan Irigasi

“Dulu waktu belum terbangun jembatan ini, masyarakat rela menyeberang sungai dengan peralatan seadanya. Tapi setelah adanya jembatan itu masyarakat tinggal menyeberang dan tidak perlu khawatir lagi dengan resiko derasnya arus sungai,” tambahnya.

Deus mengaku jembatan tersebut dibangun secara swakelola bersama warga.

“Jembatan ini memang didanai negara, tapi kami bangun bersama masyarakat. Jadi kami berharap bisa juga dirawat secara bersama pula oleh masyarakat,” tutupnya. BAH

 

Baca Juga