Kopi Toratima Kini Hadir di Bandara

  • Whatsapp

SIGI, MERCUSUAR – Bupati Sigi Moh Irwan Lapatta melaunching Kedai Kopi Toratima  di Bandar Udara Mutiara SIS Aljufri Palu, Senin (16/4/2018). Selain memperkenalkan kopi asli Sigi, melalui kedai kopi ini pemerintah daerah berharap dapat memperkenalkan obyek wisata yang ada di Kabupaten Sigi.

Menurut Bupati, Kopi Toratima adalah hasil produk kopi asli dari Kecamatan Pipikoro, Kabupaten Sigi. Kopi ini berasal dari Kopi Robusta murni berkualitas terbaik.  Karena memiliki aroma dan cita rasa lezat, Kopi Toratima memiliki prospek ekonomi yang baik.

Berita Terkait

Pilihan Redaksi :  Bupati Sigi Hadiri Temu Tani 2021

Katanya, Kopi Toratima merupakan kopi organik yang dihasilkan melalui sistem pertanian ramah lingkungan yang secara turun temurun telah dipraktekkan para petani tradisional di dataran tinggi Pipikoro.

“Kopi Toratima merupakan bagian dari tradisi untuk menjaga persaudaraan, tradisi untuk menikmati waktu-waktu istimewa dan tradisi untuk menikmati kemurnian cita rasa,” jelas Bupati.

Walaupun stok kopi tersedia, namun untuk mendukung stok ke depan, pihaknya meminta  camat dan kepala desa se-Kecamatan Pipikoro agar memberikan lahan seluas 25 hektar di setiap desa untuk pembudidayaan kopi ini.

“Berhubung Kecamatan Pipikoro terdiri 19 desa, setiap desa memberikan lahan seluas 25 hektar. Dengan demikian 25 hektar dikalikan 19 desa, maka lahan yang ada seluas 475 hektar. Untuk memenuhi kebutuhan tanaman lahan tersebut, Pemerintah Kabupaten Sigi akan bantu bibit coklat sebanyak 12 ribu bibit dan kopi sebanyak 13 ribu bibit,” jelasnya.

Pilihan Redaksi :  Wabup Hadiri Peresmian Rumah Dinas Divisi Gimpu Pipikoro

Pembukaan kedai kopi di bandara, lanjut bupati, ada kaitannya dengan program Sigi Masagena, yakni terkait pengentasan kemiskinan.

Ketua DPRD Kabupaten Sigi, Moh Rizal Intjenae mengatakan sangat mendukung yang dilakukan oleh Pemkab Sigi melalui Dinas Pariwisata Kabupaten Sigi dengan membuka kedai kopi di Bandara. Untuk mendukung program tersebut, dirinya bersama anggota DPRD Sigi siap membantu dengan menambah anggaran Dinas Pariwisata.

Direktur Kemitraan Partnership Dewi Rizki mengatakan, sangat merespons apa yang dilakukan Pemkab Sigi terkait pengembangan Kopi Toratima.

Direktur Karsa Institut Rahmat Saleh juga mengapresiasi langkah Bupati dan Ketua Dekab Sigi atas dukungannya, sehingga kegiatan launching kedai Kopi Toratima berjalan lancar. AJI

Baca Juga