Panwaslu Evaluasi Kinerja Panwascam

  • Whatsapp

SIGI, MERCUSUAR – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Sigi mengevaluasi sejumlah panitia pengawas kecamatan (panwascam) terkait kinerja mereka dalam pengawalan penetapan Daftar Pemilih Sementara (DPS) untuk pemilu tahun 2019 mendatang.

Ketua Panwaslu Sigi, Steny Marini Pettalolo dalam rapat koordinasi (rakor) bersama seluruh panwascam se Sigi menyatakan ada beberapa panwascam yang memiliki perbedaan data untuk DPS dengan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), sehingga berdampak pada perbedaan data DPS antara Panwaslu Sigi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sigi.

Berita Terkait

Pilihan Redaksi :  Bupati Sigi Hadiri Temu Tani 2021

“Di beberapa wilayah kecamatan, terdapat perbedaan antara data panwascam dengan PPK. Salah satu contohnya di Kecamatan Sigi Biromaru. Ini seharusnya tidak terjadi. Selayaknya data antara dua unsur ini harus sama karena berdasarkan tahapan, harusnya panwascam mengikuti pleno yang dilakukan PPK terkait DPS di wilayah beraangkutan. Jadi ini perlu dievaluasi,” jelas Steny dalam forum rakor yang digelar di kantor Panwaslu Sigi, Kamis (21/6/2018).

Terkait masalah ini, ia meminta panwascam lebih pro aktif dan menjalin komunikasi dengan PPK agar bisa selalu mengawal setiap tahapan penyelenggaraan pemilu. Panwascam pun tegasnya wajib mengawal seluruh tahapan yang dilaksanakan PPK, karena itu sudah merupakan tupoksi utama panwascam.

Pilihan Redaksi :  Kinerja Solid, BRI Raih Dua Penghargaan Bisnis Indonesia Top BUMN Award

Steny juga mengevaluasi Panwascam Marawola Barat dan Tanambulava yang tidak menyerahkan berita acara pleno penetapan DPS tingkat kecamatan hingga waktu yang ditentukan. “Sampai sekarang dua panwascam ini bahkan belum menyerahkan berita acara tersebut, padahal penetapan DPS telah dilakukan KPU Sigi tanggal 17 Juni lalu. Ini menjadi evaluasi yang harus jadi perhatian. Saya tegaskan kami tidak terima alasan apapun. Kinerja panwascam harus selaras dengan tupoksi yang telah diamanahkan,” tegas Steny.

Sementara Komisioner Panwaslu Sigi, Sofyan mengaku panwascam ke depan masih akan menghadapi berbagai tahapan yang tidak kalah penting untuk selalu dikawal. Olehnya, ia berpesan kepada seluruh panwascam untuk selalu menjaga integritas dan profesionalitas. BAH

Pilihan Redaksi :  Bupati Sigi Hadiri Temu Tani 2021

 

Baca Juga