Penyaluran Rastra Tahap Tiga di Sigi Selesai

  • Whatsapp
Hj Sitti Ulfah

SIGI, MERCUSUAR – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sigi melalui Dinas Sosial Dinsos) Kabupaten Sigi sudah menyelesaikan penyaluran Beras Sejahtera (Rastra) tahap tiga. Rastra yang disalurkan sebanyak 491.340 kilogram (kg) itu, dibagikan kepada keluarga prasejahtera di 15 kecamatan.

Demikian dikatakan Kepala Dinsos Kabupaten Sigi HjSitti Ulfah, Jumat (7/9/2018).

Berita Terkait

Menurutnya, penyelesaian penyaluran Rastra di Sigi untuk memenuhi program Kementerian Sosial (Kemensos) ‘Agustus Tuntas’.

Hal tersebut berdasarkan hasil rapat koordinasi (Rakor) Kemensos Bulan Juli lalu, dimana dalam rakor tersebut mengamanatkan untuk penyaluran Rastra program keluarga harapan (PKH) dan Bantuan Sosial (Bansos) lainnya tuntas di Bulan Agustus.

Pilihan Redaksi :  Wabup Hadiri Ibadah Syukur di Sopu

“Program rastra merupakan upaya pemerintah untuk meningkatkan ketahanan pangan dan memberikan perlindungan sosial terhadap rumah tangga yang berpenghasilan rendah,” jelasnya.

Dijelaskannya, program rastra juga merupakan salah satu bentuk upaya penanggulangan kemiskinan dan rentan miskin yang dilaksanakan pemerintah pusat dan daerah.

Rumah tangga yang berhak menerima Rastra adalah rumah tangga sasaran penerima manfaat program Rastra yang diterbitkan dari basis data terpadu hasil PPLS tahun 2018 yang dikelola oleh tim nasional percepatan penggulangan kemiskinan dan disahkan oleh Menko Kesra RI.

“Program rastra Kabupaten Sigi bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Sigi, melalui dukungan pembiayaan transportasi dan inisiatif tim kecamatan dan desa berjumlah Rp246.240.000,” tutup Ulfah.AJI

Baca Juga