Ajak Siswa Ikuti Penelitian Biologi Bersama

  • Whatsapp
HLL

PALU, MERCUSUAR – SMPN 12 Palu mengajak seluruh siswa kelas IX untuk mengikuti Penelitian Biologi bersama para siswa SMP Al-Azhar Palu yang dilaksanakan di Perkemahan Al-Azhar, Pantoloan. Penelitian tersebut juga sebagai bentuk kerja sama dengan sekolah lainnya dalam mengembangkan ilmu pengetahuan di bidang biologi.

Kegiatan itu mereka laksanakan selama tiga hari mulai dari 7 hingga 10 September 2018, sekaligus mereka juga melaksanakan perkemahan. Di sana mereka akan meneliti aktifitas hewan darat maupun yang ada di laut. Penelitian itu juga sebagai bentuk pembelajaran siswa yang turun langsung di lapangan.

Berita Terkait

Pilihan Redaksi :  UPT Perpustakaan, FMIPA dan LPPM Untad, Tim ISO Lakukan Surveillance Audit ISO

Kepala SMPN 12 Palu, Yusri mengatakan, pihaknya mengajak seluruh siswa kelas IX bersama para siswa SMP Al-Azhar Palu untuk melaksanakan penelitian biologi. “Kami sangat senang bisa mengajar para siswa sekolah ini bersama salah satu sekolah unggulan seperti Al-Azhar Palu. Makanya ini kesempatan bagi siswa kami untuk meningkatkan pengetahuan mereka dibidang biologi,” katanya, Jumat (7/9/2018).

Pihaknya berupaya kegiatan ini bisa rutin dilaksanakan sebagai bentuk pertukaran informasi dari sekolah satu ke sekolah lainnya. Makanya mereka mengajak Al-Azhar Palu untuk bisa bersama meneliti biologi. Kedepannya mereka juga akan melaksanakan pembelajaran lainnya bersama.

“Kita bisa lihat dengan adanya pembelajaran bersama para siswa sangat senang karena mereka bisa melihat persamaan dengan siswa lainnya. Jadi tidak usah ragu bersama siswa dari sekolah unggulan karena sama dengan kita. Hanya diperlukan pembelajaran yang lebih dibanding sebelumnya,” terangnya.

Pilihan Redaksi :  Aplikasi Mom’s Care, Raih Penghargaan Inovasi Cegah Stunting

Upaya seperti itu memang sangat baik untuk perkembangan pengetahuan para siswa, mereka bisa melihat langsung berbagai hewan di lapangan, tanpa harus melihat buku. Makanya pembelajaran ini sangat wajib bagi para siswa.

Banyak hewan baru yang bisa ditemukan para siswa selama mengikuti penelitian seperti ini,  makanya kami mengajak mereka selama tiga hari agar mereka banyak mendapatkan pengetahuan baru tentang hewan yang ada di darat maupun di laut. UTM

Baca Juga