SMAN 1 Sigi Laksanakan Pesantren Kilat

  • Whatsapp
PESANTREN KILAT - Siswa-siswi SMAN 1 Sigi, saat mengikuti pesantren kilat Ramadan, bertempat di masjid sekolah tersebut, Sabtu (2/6/2018). FOTO: SANAJI/MS

SIGI, MERCUSUAR – Pesantren kilat merupakan program rutin yang dilakukan oleh SMAN 1 Sigi, setiap bulan Ramadan. Kegiatan ini dilaksanakan oleh OSIS sekolah tersebut.

Demikian dikatakan Pembina Keagamaan Islam SMAN 1 Sigi, Sabri Maliki, Sabtu (2/6/2018). Pesantren kilat ini kata dia, dilaksanakan dengan tujuan, meningkatkan kualitas keimanan para peserta didik, serta merubah ahlak mereka, agar dalam kehidupan sehari-hari betul-betul berpedoman pada nilai agama.

Berita Terkait

Kata dia, setiap tahun pihaknya melaksanakan pesantren kilat, dengan pola pelaksanaan yang selalu berubah, agar tidak terkesan monoton, dengan disertai dengan kegiatan praktek.

Pilihan Redaksi :  Wabup Hadiri Peresmian Rumah Dinas Divisi Gimpu Pipikoro

“Tahun ini alhamdulilah kita mendatangkan pemateri untuk mengisi kegiatan pesantren kilat. Adapun materi yang disampaikan dalam pesantren kilat berkaitan dengan fiqih ibadah dan sekaligus penerapan zakat fitrah maupun zakat Mal. Untuk Fiqih Ibadah disampaikan oleh Ustadz Anas,” jelas Sabri.

Sedangkan materi penerapan zakat fitrah maupun zakat MAL disampaikan oleh Ketua KUA Sigi Biromaru. Peserta pesantren kilat berasal dari kelas X dan XI, di mana kegiatannya dilaksanakan selama dua hari, yakni 1-2 Juni 2018.

“Tahun lalu kita laksanakan di bulan suci ramadan dengan pola manasik haji, tahun ini terkait pendalaman keagamaan yang berkaitan dengan fiqih ibadah dan penerapan zakat. Mengingat peserta pesantren kilat sudah remaja, sehingga perlu diberikan pemahaman terkait zakat.

Pilihan Redaksi :  Bupati Sigi Hadiri Temu Tani 2021

Kepala SMAN 1 Sigi, Asron mengatakan, kegiatan pesantren kilat bagi siswa merupakan kegiatan praktek dalam rangka pembinaan imtaq bagi siswa. Setelah mengikuti kegiatan tersebut, maka setiap siswa akan memperoleh nilai mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.

Selain praktek dan meningkatkan wawasan keagamaan, mengingat kegiatan itu saat Ramadan, diharapkan kegiatan ini membawa berkah, dalam rangka meningkatkan peran siswa dalam peningkatan keagamaan. Kegiatan ini juga dilaksanakan dengan harapan dapat memberikan ilmu pengetahuan kepada siswa tentang ilmu agama. AJI

Baca Juga