ASN Wajib Layani Masyarakat

  • Whatsapp

PALU, MERCUSUAR – Penyelenggaraan pemerintah yang baik memberikan manfaat yang dapat dirasakan oleh masyarakat luas. Selain itu selalu siap ketika masyarakat membutuhkan pelayanan, bahkan sebelum masyarakat membutuhkan pelayanan, pemerintah segera hadir memberikan pelayanan. Kemudian, tidak kalah pentingnya pemerintahan yang baik dapat memberi rasa aman terhadap rakyat.

Hal itu disampaikan oleh Sekretaris Daerah Provinsi Sulteng, Mohamad Hidayat Lamakarate, ketika mengisi kuliah umum good governance dalam acara Pendidikan dan Pelatihan Pimpinan (Diklat Pim) III dan IV Badan Diklat Sulteng, Selasa (17/4/2018).

Berita Terkait

Pilihan Redaksi :  Jelang Hari Bhakti ke-76, Dinas PUPR Morowali Gelar Sejumlah Kegiatan

“Menurut Ryas Rasyid, pemerintahan yang baik adalah pemerintahan yang selalu ada ketika masyarakat membutuhkan dan yang paham masalah masyarakatnya,” ujar Hidayat.

Ia memaparkan bagaimana setiap individu aparatur abdi negara memiliki peran yang sangat penting sesuai bidangnya masing-masing dalam kerangka organisasi. Oleh sebab itu, kata Hidayat, diperlukan kerjasama dan koordinasi dalam melakukan pengabdian dan pelayanan kepada masyarakat. Yang perlu juga digaris bawahi yang wajib dimiliki Aparatur Sipil Negara (ASN) adalah jiwa pelayan masyarakat.

Menurutnya, dengan tingginya tuntutan masyarakat terhadap pemerintah, para abdi negara secara otomatis juga diharuskan meningkatkan kapasitas dan kapabilitasnya. Tentu dibarengi dengan peningkatan rasa melayani yang tulus dan secara cerdas melihat kebutuhan masyarakat.

Pilihan Redaksi :  Ratusan Warga Antusias Ikut Vaksinasi di Tamanjeka

“Bagi ASN Pelayanan adalah tugas utama, jangan hanya terpaku memberi pelayanan terbatas pada tupoksi sendiri saja,” jelasnya.

Hidayat meminta agar para peserta Diklat Pim, setelah mendapat materi di tempat tersebut, dapat menerapkan di organisasi perangkatnya masing-masing. BOB

Baca Juga