Gercep Gaskan Berdaya, Pemkab Sigi Terima Bantuan Rp2,2 Miliar

  • Whatsapp

SIGI, MERCUSUAR – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulteng menyerahkan bantuan program Gerak Cepat Pengentasan Kemiskinan Berbasis Pemberdayaan Masyarakat (Gercep Gaskan Berdaya) sebesar Rp2.200.000.000 (Rp2,2 miliar) kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sigi.

Bantuan tersebut diserahkan secara simbolis oleh Gubernur Sulteng, H. Rusdy Mastura dan diterima Bupati Sigi, di sela-sela kegiatan deklarasi cegah pernikahan anak, pencanangan Kabupaten Sigi sehat dan kampung keluarga berkualitas, dalam rangka mendukung percepatan penurunan stunting di Sulteng,di lapangan sepakbola Desa Kotapulu Kecamatan Dolo, Senin (27/11/2023).

Gubernur mengatakan program Gercep Gaskan Berdaya merupakan salah satu upaya dalam menanggulangi kemiskinan di Sulteng.

Program itu merupakan model penanggulangan kemiskinan yang ditujukan untuk pemberdayaan, dalam bentuk pemberian bantuan berupa uang tunai kepada masyarakat miskin, untuk pembelian sarana dan prasaraan kerja yang mendukung penghasilan utama, sehingga tercapai peningkatan ekonomi keluarga secara cepat.

Gubernur juga memaparkan strategi dalam menurunkan angka kemiskinan melalui beberapa upaya, yaitu mengurangi beban pengeluaran kelompok miskin dan rentan, melalui pemberian bantuan pendidikan gratis dan jaminan kesehatan.

Selanjutnya, melakukan pemberdayaan dalam rangka peningkatan produktivitas kelompok miskin dan rentan, dengan mendorong program-program penanggulangan kemiskinan yang komprehensif serta terintegrasi, baik lintas perangkat daerah maupun program-program kewilayahan.

Kemudian, mendorong peningkatan pendapatan masyarakat miskin, melalui bantuan dan program padat karya.

Selain mendapatkan bantuan pada program Gercep Gaskan Berdaya, Pemprov Sulteng juga memberikan bantuan kepada Pemkab Sigi sebesar Rp100 juta, untuk penanggulangan dan upaya penurunan angka stunting. AJI

Baca Juga