Gubernur Ajak Promosikan Banua Oge

  • Whatsapp

PALU, MERCUSUAR – Gubernur Sulteng, H. Rusdy mastura bersama Ketua TP-PKK Provinis Sulteng, Vera Rompas Mastura membuka secara resmi event Posalia Ri Banua Oge tahun 2023, di pelataran Cagar Budaya Banua Oge Kelurahan Lere Kecamatan Palu Barat, Jumat (24/11/2023).

Posalia Ri Banua Oge merupakan pesta rakyat masyarakat Kota Palu, dalam upaya memperkenalkan kekayaan budaya lokal, melalui berbagai pertunjukan seni tradisional seperti tari etnik, musik kolaboratif, pameran seni rupa, dan kuliner khas daerah.

Gubernur mengapresiasi dan menyampaikan terima kasih atas pelaksanaan Posalia Ri Banua Oge sebagai upaya merespons dan memantapkan kedudukan Sulteng sebagai daerah penyangga pariwisata Ibu Kota Negara (IKN) baru di Kalimantan Timur.

“Saya mengajak kita semua, untuk bersinergi dan bekerja sama menjadikan pariwisata sebagai sektor strategis penyumbang fiskal daerah, dan penyedia lapangan kerja bagi masyarakat. Termasuk di antaranya, bagaimana upaya-upaya kita untuk mempromosikan Banua Oge ini,” kata Gubernur.

Ia mendorong agar Banua Oge tidak hanya dikenal sebagai situs dengan nilai-nilai sejarah dan arsitektur yang dikandungnya, tetapi juga dapat memberikan dampak yang lebih inklusif bagi pembangunan daerah dan pemberdayaan masyarakat, melalui kegiatan-kegiatan kesenian dan kebudayaan yang digelar di lokasi tersebut.

Menurut Gubernur, terbitnya UU nomor 3 tahun 2022 tentang Ibu Kota Negara dapat menjadi peluang bagi Sulteng untuk menggali dan mengoptimalisasi sektor-sektor potensial.

“Salah satunya, sektor pariwisata Sulteng yang eksotis untuk dijadikan penopang pariwisata IKN,” imbuhnya.

Gubernur berharap kepada seluruh masyarakat Sulteng, untuk dapat mempersiapkan diri sekaligus meningkatkan kualitas sumberdaya manusia, dalam rangka menghadapi IKN dan globalisasi.

“Negeri kita negeri kaya, kita jangan mengecewakan orang-orang tua pendahulu kita, yang sejak dulu telah membuka perdagangan dengan Kalimantan. Mari kita lanjutkan,” tegasnya. */IEA

Baca Juga