Kakanwil Kemenkumham Sulteng Penuhi Hak Anak LPKA Palu

  • Whatsapp
LPKA-e6774e3b
FOTO: Kakanwil Kemenkumham Sulteng bersama Kabid Pembinaan dan Pengentasan Anak, Irpan dan Kepala LPKA Palu, Revanda Bangun, saat membagikan masker dan suplemen vitamin kepada andikpas di LPKA Palu. FOTO: DOK LPKA PALU

PALU, MERCUSUAR – Pemerintah Kota Palu kembali mengaktifkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), menyusul mulai meningkatnya jumlah kasus aktif Covid-19 di masyarakat, kurun waktu sepekan ini, juga penetapan PPKM level 3 oleh pemerintah.

Menyikapi peningkatan jumlah kasus aktif Covid-19 tersebut, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sulawesi Tengah (Kanwil Kemenkumham Sulteng), Lilik Sujandi, bersama Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan dan Pengentasan Anak, Irpan, melakukan kunjungan ke Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Palu, Jumat (18/2/2022). Dalam kunjungan tersebut, Kakanwil diterima oleh Kepala LPKA Kelas II Palu, Revanda Bangun.

Kunjungan tersebut merupakan kebijakan, serta bentuk kepedulian dan perhatian Kakanwil Kemenkumham Sulteng bersama Kepala LPKA Palu, serta segenap jajarannya, terhadap kesehatan bagi setiap Anak didik pemasyarakatan (Andikpas), di tengah merebaknya Covid-19 varian baru yang sedang meningkat.

“Sore ini, kami membagikan masker dan suplemen vitamin kepada anak-anak kami. Tadi pagi, tercatat satu orang sedang menjalani isolasi di kamar huniannya, karena terindikasi positif Covid-19. Olehnya itu, kami segera mengunjungi anak kami tersebut. Saya pun telah perintahkan Kepala LPKA Palu bersama tim kesehatannya, agar terus memberikan perhatian serius, serta terus koordinasi dengan Puskesmas atau layanan kesehatan terdekat, sehingga jumlahnya tidak bertambah dan anak kami segera sehat kembali,” ujar Kakanwil.

Lebih lanjut, kepada seluruh Andikpas, Kakanwil menyampaikan agar terus menjaga kesehatan di masa pandemi, dengan cara tetap taat pada protokol kesehatan dan selalu terbuka, serta melaporkan segera jika sedang sakit, kepada petugas kesehatan yang telah tersedia.

“Saya ingin kita dapat berekreasi ke museum atau nonton bersama. Tentu jika anakku tidak menjaga kesehatannya, semuanya tidak akan terlaksana. Di saat pandemi ini, kita semua harus taat protokol kesehatan. Jika ada yang sedang merasa sakit, maka segera sampaikan keluhannya kepada petugas,” ujarnya.

Senada dengan hal tersebut, Kabid Pembinaan dan Pengentasan Anak, menyampaikan kepada anak yang sedang sakit, agar melawan virus Covid-19 dengan membiasakan hidup sehat, lebih dari biasanya.

“Bagi anakku yang sedang terpapar, lawanlah virus itu dengan keyakinan dan keberanian yang tinggi. Lawan ia dengan membiasakan hidup sehat dengan lebih baik lagi, tentu akan ada petugas yang mendampingi. Anakku tidak akan sendiri,” ujarnya.

Sebelum kegiatan berakhir, Kepala LPKA Palu, mengucapkan rasa terima yang mendalam atas perhatian dan kepedulian Kakanwil Kemenkumham Sulteng, yang senantiasa membimbing LPKA Palu, guna mendukung tumbuh kembang setiap anak.

Baca Juga