Kelompok Tani dan Warga Buyumpondoli, Terima Ribuan Bibit Alpukat dari PT Poso Energy 

  • Whatsapp
POSO-fb8a72ab
Penyaluran bantuan bibit alpukat oleh PT.Poso Energy kepda warga dan kelompok tani Desa Buyumpondoli. FOTO: IST

POSO, MERCUSUAR – Manajemen PT Poso Energy menyalurkan bantuan 2.250 bibit alpukat varietas mentega kepada 549 Kepala Keluarga (KK) yang ada di Desa Buyumpondoli, Kecamatan Pamona Puselemba, Kabupaten Poso.

Bibit pohon alpukat varietas mentega tersebut diserahkan kepada ketua kelompok tani dan RT secara simbolis, di halaman Balai Desa Buyumpondoli, Jumat (30/9/2022).

Berita Terkait

Pemberian bantuan bibit tersebut merupakan yang kesekian kalinya untuk masyarakat di beberapa desa di Kabupaten Poso.

Selain memberikan bantuan, Poso Energy juga terlebih dahulu memberikan penyuluhan tata cara menanam dan memelihara tanaman.

“Alpukat butuh matahari, minimal lubang tanam itu dengan jarak 40 × 40 cm. Semakin luas semakin bagus dan di berikan pupuk,” kata Kepala Perkebunan PT Poso Energy, Sumitro.

Ia mengatakan, secara geografis Desa Buyumpondoli layak mendapatkan bantuan alpukat, mengingat faktor iklim dan kondisi tanah yang subur sehingga layak.

“Berbicara soal tanaman, kita kembalikan dulu sejauh mana kita menanam, bukan asal tanam saja karena ada bantuan, tetapi karena keinginan dan kemauan dalam mengembangkan tanaman alpukat” katanya.

Menurutnya, pemberian bantuan ini akan berlanjut tiga bulan ke depan dan akan dievaluasi terlebih dahulu.

“Semoga dengan adanya ini, bisa terkenal dengan kampung alpukat. Di sini nanti bisa menjadi terobosan baru sebagai desa penghasil alpukat di Kabupaten Poso,” ujarnya.

Baca Juga