LPKA Palu dan BNN Kota Palu Perangi Narkoba

  • Whatsapp
LPKA-9bc56095
Kepala LPKA Kelas II Palu, Revanda Bangun, didampingi Kepala Sub Bagian Umum (Kasubagum), Antonius Andry, melakukan audiensi bersama Kepala BNN Kota Palu, Baharuddin, Senin (24/1/2022). FOTO: DOK LPKA PALU

PALU, MERCUSUAR – Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Palu menjalin kerjasama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Palu, dalam rangka rehabilitasi sosial maupun medis anak pengguna narkotika, pelaksanaan sosialisasi pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika (P4GN), serta rutin melakukan sidak dan tes urine. Hal ini guna mewujudkan LPKA Palu Bersih Dari Narkoba (Bersinar).

Kesepakatan kerjasama ini, dituangkan dalam nota kesepahaman (MoU) bersama BNN Kota Palu, yang ditandatangani pada Senin (24/1/2022), saat Kepala LPKA Kelas II Palu, Revanda Bangun, didampingi Kepala Sub Bagian Umum (Kasubagum), Antonius Andry, melakukan audiensi bersama Kepala BNN Kota Palu, Baharuddin

Hal ini kata Revanda, merespon instruksi Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sulteng, , Lilik Sujandi, agar seluruh jajaran Kemenkumham Sulteng untuk terus berperang melawan narkoba, termasuk LPKA Kelas II Palu.

Audiensi ini sendiri, diawali dengan pemaparan rencana kerja Kepala LPKA Palu dalam pemberantasan dan peredaran narkoba. Ia menyebutkan, setiap Anak Didik Pemasyarakatan (Andikpas) di LPKA Palu, merupakan korban dari segala penyalahgunaan narkotika.

“Kami memiliki Andikpas sebanyak 30 orang, semuanya beraneka kasus. Namun, setelah saya lakukan assesment, ternyata semua penyebab mereka melakukan pelanggaran hukum atau kenakalan semuanya berawal dari penyalahgunaan narkotika. Tentu sebagai ayah mereka di sana, saya sangat prihatin kalau mereka menjadi korban dari penyalahgunaan narkotika. Oleh itu, kami menawarkan beberapa program, guna menghilangkan gate bagi mereka, agar dapat meraih prestasi kembali, bukan menjadi sampah di masyarakat,” ujarnya.

Merespon hal tersebut, Kepala BNN Kota Palu, Baharuddin, didampingi Kepala Seksi (Kasi) Pemberantasan, Gusti Bagus, turut menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya kepada Kepala LPKA Palu beserta jajaran, atas segala bentuk kepedulian terhadap penyalahgunaan dan peredaran narkoba, serta bertekad untuk terus mendukung LPKA Palu mewujudkan wilayah Bersih Dari Narkoba (Bersinar).

“Secara pribadi, saya sangat bersyukur atas kepedulian LPKA Palu dalam pemberantasan narkoba, dan tentu sangat mendukung atas program yang telah direncanakan. Jauh dari biasanya, sekarang kami yang didatangi, ini menandakan bahwa kami harus senantiasa berdampingan dengan LPKA Palu,” ujarnya (24/1/2022).

Kepala LPKA Palu juga menambahkan pentingnya antar sesama instansi pemerintah, baik daerah maupun unit pusat, untuk bersinergi dalam penanganan narkoba. */JEF

Baca Juga