Persiapan Pemberangkatan Haji 100 Persen

Jemaah haji asal Sulteng pada musim haji 1443 H/2022 M lalu, saat memasuki Asrama Haji transit Palu. FOTO: DOK. MERCUSUAR

PALU, MERCUSUAR – Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sulteng, H. Muchlis Aseng menyebut pihaknya telah menuntaskan persiapan pemberangkatan calon jemaah haji asal Sulteng pada musim haji tahun 1445 H/2024 M.

“Persiapan sudah selesai 100 persen. Seluruh dokumen jemaah sudah selesai diproses sampai penerbitan dan pencetakan visa,” ungkap Muchlis di Palu, Jumat (10/5/2024).

Ia melanjutkan, beberapa hal lainnya juga telah tuntas disiapkan. Seperti kartu pengenal (ID card) jemaah, serta koper dan paket buku panduan manasik telah sampai ke jemaah melalui Seksi PHU Kantor Kemenag Kabupaten dan Kota se-Sulteng.

“Persiapan penerbangan domestik dari daerah asal ke Embarkasi Balikpapan juga sudah siap. Tinggal menunggu waktu keberangkatan,” ujarnya.

Mendekati waktu pemberangkatan, Muchlis meminta kepada seluruh calon jemaah haji untuk menjaga kondisi kesehatan, dan menyiapkan mental untuk siap melaksanakan perjalanan ibadah haji, yang akan memakan waktu sekira sebulan lebih.

Sebagaimana diketahui, sebanyak total 2.073 calon jemaah haji dan 34 petugas kloter (total 2.107) asal Sulteng pada tahun ini tergabung ke dalam tujuh kelompok terbang (kloter) embarkasi Balikpapan, yakni kloter BPN-8, BPN-9, BPN-10, BPN-11, BPN-12, BPN-13, dan BPN-14.

Dari tujuh kloter tersebut, enam di antaranya akan terisi penuh jemaah asal Sulteng, sementara satu kloter akan digabung dengan sebagian jemaah asal Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

Pos terkait