Pilkada Poso, Talib Optimistis Dipinang Partai Demokrat

Abdul Muthalib Rimi

POSO, MERCUSUAR – Pesta demokrasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kabupaten Poso terus bergeliat. Tak hanya bakal calon Bupati, nama-nama calon Wakil Bupati (Wabup) yang siap meramaikan bursa Pilkada juga semakin ramai dibincangkan.

Geliat tersebut salah satunya ditunjukkan melalui ramainya baliho dan poster yang memuat figur tokoh masyarakat, akademisi, politisi hingga birokrat yang siap dipinang untuk menjadi sosok calon Wabup Poso, mulai terpasang di sejumlah lokasi.

Salah satu baliho yang menjadi perbincangan di kalangan masyarakat, adalah yang memuat foto mantan Wabup Poso periode 2005-2010, Dr. Abdul Muthalib Rimi. Sosok yang telah dikenal luas masyarakat Poso tersebut, juga mengaku siap untuk meramaikan kontestasi Pilkada Poso mendatang.

Talib, sapaan akrab Abdul Muthalib, yang kala itu mendampingi Bupati Poso, Piet Inkiriwang (ayah dari Bupati Poso saat ini, Verna Inkiriwang) menyatakan jika keinginannya untuk kembali maju sebagai calon Wabup Poso, karena memeroleh dukungan langsung dari berbagai elemen masyarakat.

“Ada sejumlah elemen masyarakat yang datang menemui saya, dan menyatakan siap memberi dukungan jika saya terpilih sebagai bakal calon Wakil Bupati Poso pada Pilkada nanti. Sebagai warga negara, saya tentu menyatakan siap jika diminta,” ujar Talib, saat ditemui Mercusuar, Senin (10/6/2024). 

Mantan Ketua DPC Partai Golkar Kabupaten Poso dua periode itu mengaku, memasang baliho bukan tanpa alasan. Bahkan, ia tak segan mengungkapkan jika sejauh ini ia memiliki hubungan emosional yang kuat dengan kandidat bakal calon Bupati Poso. 

Disinggung apakah ada partai politik (parpol) yang telah menghubungi, dengan tegas mantan Dekan Fakultas Hukum Universitas Sintuwu Maroso Poso itu menyebut Partai Golkar.

“Partai Golkar tentu akan mengutamakan kader-kadernya, yang memeiliki elektabilitas tinggi untuk bisa diusung dalam Pilkada Poso nanti. Saya sendiri sudah dihubungi,” aku Talib, yang masih tercatat sebagai kader Partai Golkar aktif. 

Terkait siapa figur bakal calon Bupati yang ingin disandingkan dengannya, Talib menyebut sejauh ini ia memiliki hubungan emosional yang kuat dengan figur salah satu bakal calon. 

Pos terkait