KPU Touna Sortir Lipat Surat Suara Pilpres

  • Whatsapp

TOJO UNAUNA, MERCUSUAR – Komisi Pemilihan umum (KPU) Kabupaten Tojo Unauna (Touna) melaksanakan sortir lipat surat suara Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres), di salah satu hotel di Ampana Kota, Rabu (10/1/2023).

Pelaksanaan sortir lipat surat suara yang dilakukan sebanyak 200 orang petugas sortir lipat itu, dipantau langsung oleh pihak KPU, Bawalu bersama unsur aparat TNI-Polri Touna.

“Di hari terakhir ini, sortir lipat suara masih berjalan sesuai dengan rencana. Target di mana dalam satu hari itu dapat menyelesaikan sebanyak 122.441 lembar surat suara, dengan menggunakan tenaga sebanyak 200 orang sortir lipat,” kata Ketua KPU Touna, Ahdin L. Nondo.

Ahdin mengatakan, di hari-hari sebelumnya pihaknya menemukan jenis surat suara yang rusak, baik itu rusak karena sobekan, cacat cetak, cipratan-cipratan tinta atau terlubangi, baik lubang kecil ataupun kesalahan proses pencetakan di pabrik.

“Nantinya surat suara yang rusak itu dijumlahkan, kemudian dilaporkan ke pihak KPU Provinsi Sulteng, untuk dilakukan proses klaim kepada penyedia, lalu dilakukan penggantian yang baru,” terangnya.

Ahdin menegaskan, KPU Touna tetap mengikuti prosedur yang ada, yaitu sortir lipat dengan mengecek semua sisi surat suara, terkait kemungkinan ada cipratan-cipratan tinta, warna cetak surat suara yang berbeda dari yang seharusnya, dan pemeriksaan lubang-lubang kecil, agar yang ditargetkan terkait proses lipat bisa berjalan dengan maksimal. */PAR

Baca Juga