APFI, Ajang Bergengsi Bagi Pewarta Foto

  • Whatsapp

BATAM, MERCUSUAR – Ribuan karya foto para fotografer mengikuti penjurian di ajang Penganugerahan Pewarta Foto Indonesia (APFI) di Batam, Kepulauan Riau. Dari ribuan karya foto, akan ada 100 foto terbaik dari penjuru nusantara sepanjang tahun 2017 di pamerkan di Gedung Astaka Batam Center, Kepulauan Riau pada 27 April- 5 Mei 2018.

Penganugerahan bergengsi bagi insan pewarta foto masing-masing dihadiri para anggota PFI dari berbagai daerah. Termasuk para pengirim karya foto yang berasal dari media cetak. Tercatat sebanyak 406 pengirim dengan jumlah 2.448 karya pewarta foto, 15 karya multimedia dan 190 karya foto citizen journalist yang terkumpul.

Berita Terkait

Tommy Purniawan, Ketua PFI Kepri mengatakan, setelah dilakukan penjurian, nantinya  terpilih 42 pemenang dari 5 kategori yakni Citizen Journalist Foto Tunggal, Citizen Journalist Foto Story, Multimedia, Foto Single Pewarta Foto, dan Foto Story Pewarta Foto.

Terpilihnya Batam sebagai tuan rumah ajang bergengsi tersebut, karena Batam merupakan pulau yang strategis karena berdekatan dengan negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia. Hal dapat meningkatkan para wisatawan di Pulau-pulau yang ada di Batam.

Batam secara khusus merupakan gerbangnya wisatawan mancanegara yang masuk ke Indonesia. Tentunya dengan lokasi kegiatan itu diharapkan juga dapat meningkatkan kunjungan wisatawan untuk dapat melirik perhelatan bergengsi para Pewarta Foto di Indonesia.

Selain mengikuti ajang bergengsi, wartawan Mercusuar yang tergabung dalam PFI Palu, turut berkontribusi dengan mengirimkan hasil karya terbaiknya. Sementara itu, juri yang dilibatkan dalam penjurian tersebut sebanyak 10 orang yang semuanya memiliki kapabilitas untuk menilai semua karya yang masuk. Selain agenda penganugerahan pewarta foto juga dilakukan diskusi fotografi dengan berbagai tema. IKI

 

 

 

 

Baca Juga