Facebook, Instagram dan WhatsApp Down, Server Mati Karena Pemadaman

  • Whatsapp
Ilustrasi Pengguna Sosial media Foto : Pixabay

MERCUSUAR – Layanan WhatsApp, Instagram, dan Facebook mengalami pemadaman besar-besaran.

Tiga aplikasi Raksasa yang semuanya dimiliki oleh Facebook tersebut dijalankan pada infrastruktur bersama. Saat ini semuanya berhenti bekerja sesaat sebelum Pukul 24:00. Produk lain yang merupakan bagian dari keluarga aplikasi yang sama, seperti Facebook Workplace, juga berhenti berfungsi.

Berita Terkait

Pengunjung situs web Facebook hanya melihat halaman kesalahan atau pesan bahwa browser mereka tidak dapat terhubung. Aplikasi WhatsApp dan Instagram terus berfungsi, tetapi tidak menampilkan konten baru, termasuk pesan yang dikirim atau diterima selama masalah.

Pilihan Redaksi :  Obyek Wisata Telaga Tambing Resmi Dibuka Kembali
Tampilan Error Halaman Web Instagram

Terjadinya Down Server pada Facebook ini, relatif jarang terjadi, namun kini dampaknya cenderung besar, paling tidak karena ketiga aplikasi ini termasuk layanan sosial media terbesar di dunia.

Perusahaan-perusahaan digital seperti ini sering samar terhadap penyebab masalah yang terjadi, dan cenderung tidak menjelaskannya bahkan setelah masalah tersebut kembali berjalan. Pada tahun 2019 misalnya, Facebook mengalami Down Server terbesar dalam beberapa tahun sebelumnya, dan hanya mengatakan bahwa layanan mereka akan “bermasalah” selama “proses pemeliharaan rutin”.

Dalam transkrip bocor yang diterbitkan di The Verge pada 2019 , kepala eksekutif Mark Zuckerberg mencatat bahwa terjadinya Server Down seperti itu adalah “masalah besar”. Hal ini dapat membuat pengguna mencari dan menggunakan layanan berbeda lainnya, seperti Telegram, Twitter, Signal maupun pesaing lainnya. Ini dapat menjadi catatan pengguna bahwa perlu waktu “berbulan-bulan” untuk mendapatkan kembali kepercayaan dan membuat orang kembali ke platform Facebook, jika mereka kembali lagi.**

Pilihan Redaksi :  Obyek Wisata Telaga Tambing Resmi Dibuka Kembali

Sumber : independent.co.uk

Baca Juga