Peringati Bencana 1 Desember 1927, Mahasiswa KKN UIN Datokarama di Desa Padende Gelar Kegiatan Kebencanaan

  • Whatsapp
FOTO: Memperingati 95 tahun bencana gempa bumi dan tsunami 1 Desember 1927 di Teluk Palu, mahasiswa KKN UIN Datokarama Palu di Posko Padende melaksanakan Kampanye “Hidup Dengan Bencana”, Kamis (1/12/2022). FOTO: JEFRI/MS

SIGI, MERCUSUAR – Memperingati 95 tahun bencana gempa bumi dan tsunami 1 Desember 1927 di Teluk Palu, mahasiswa KKN UIN Datokarama Palu di Posko Padende melaksanakan Kampanye “Hidup Dengan Bencana”, Kamis (1/12/2022). Rangkaian kegiatan yang dilaksanakan di Kantor Desa Padende ini, terdiri dari Pameran Foto dan Arsip Kebencanaan, Pemutaran Film Bertema Kebencanaan, serta Diskusi.

Kepala Desa Padende, Samsi Jahudin, saat membuka kegiatan tersebut mengatakan, kegiatan seperti ini penting untuk memberikan pengetahuan tentang kebencanaan kepada masyarakat di Desa Padende. Hal ini penting demi mewujudkan ketangguhan bencana di lingkungan desa.

Kegiatan ini menghadirkan dua narasumber, yakni Ketua Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) Kabupaten Sigi, Syaiful Taslim dan Produser Kampanye Hidup Dengan Bencana Sinekoci, Mohammad Ifdhal.

Syaiful Taslim menjelaskan mengenai bagaimana koordinasi lintas sektor dalam upaya mewujudkan ketangguhan bencana di wilayah desa. Adapun Moh. Ifdhal menjelaskan mengenai mitigasi bencana menggunakan pendekatan anak muda, lewat karya kreatif seperti film.

Pada kegiatan ini juga dilakukan pemutaran sejumlah film yang merupakan bagian dari program kampanye Hidup Dengan Bencana, yang merupakan kerja sama Sinekoci dengan empat komunitas di Sulawesi Tengah. JEF

Baca Juga