SDN 5 Birobuli Gelar Simulasi ANBK

  • Whatsapp

BIROBULI SELATAN, MERCUSUAR – SDN 5 Birobuli melaksanakan simulasi Analisis Nasional Berbasis Komputer (ANBK). Kegiatan tersebut sebagai salah satu bentuk persiapan sekolah untuk melihat fasilitas penunjang pelaksanaan ANBK mendatang.

ANBK merupakan program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, yang dinilai berdasarkan hasil belajar murid yang mendasar mulai dari literasi, numerasi, dan karakter, kualitas proses belajar-mengajar, dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran.

“Simulasi ini kami laksanakan sebagai bentuk kesiapan sekolah untuk pelaksanaan ANBK kedepan, baik kepada para murid maupun guru, olehnya seluruh murid yang telah dipilih rutin melaksanakan simulasi agar nantinya mereka siap,”kata Kepala SDN 5 Birobuli, Dutri, Senin (8/8/2022).

Dalam pelaksanaanya, responden murid akan dipilih secara acak dengan jumlah maksimal 30 murid SD, makanya simulasi tersebut sangat mudah dilaksanakan sekolah karena tidak membutuhkan peralatan yang banyak.

“Dengan adanya simulasi ini kami sangat siap melaksanakan ANBK karena murid yang kami pilih juga sesuai dengan krateria yang telah ditentukan pemerintah. Semoga nantinya pada saat pelaksanaan bisa berjalan dengan baik, sehingga penilaian sekolah bisa baik sesuai dengan harapa kita bersama,” terangnya.

Dengan adanya ANBK diharapkan dapat menghasilkan informasi mengenai perbaikan kualitas belajar mengajar di sekolah. Hal ini juga berguna meningkatkan hasil belajar murid, bukan untuk pemeringkatan sekolah, melainkan hanya sebagai perbaikan kurikulum di sekolah-sekolah, sehingga dapat dipastikan, sekolah-sekolah tidak perlu khawatir dengan pelaksanaan ANBK tersebut. UTM

Baca Juga