PALU, MERCUSUAR – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membantu keberlangsungan pasar tradisional dengan memfasilitasi para pedagang pasar berjualan secara online.
Dengannya, pasar–pasar tradisional dapat memanfaatkan pengelolaan penjualan online lewat Website Pasar yang difasilitasi BRI. Tak hanya itu, BRI bersama pengelola pasar juga membantu pengelolaan jasa antar-jemput barang kepada pembeli.
Hal ini diungkapkan Bahar, Asisten Maneger Pemasaran BRI Cabang Palu dalam pelatihan Digital Enterperenurship Academi (DEA) di Hotel Swiss Bell Palu,Selasa (2/11/2021).
“Di Palu dan Donggala sudah sekitar 5 pasar tradisional yang dilibatkan pedagangnya,hal ini bagian dalam layanan digital.dan mendapatkan respon baik,dimana pedagang menggunakan e-pasar proses penjualan dan pembayaranya melalui Strowberi kasir,aplikasi pembayaran yang dikeluarkan BRI, “ujarnya.
Nantinya, pasar–pasar tradisional dapat memanfaatkan pengelolaan penjualan online lewat Website Pasar yang difasilitasi BRI.
Tak hanya itu, BRI bersama pengelola pasar juga membantu pengelolaan jasa antar-jemput barang kepada pembeli.
Mekanisme pemasaran pasar tradisional dari penjualan konvensional ke online lewat Website Pasar cukup mudah, yakni pengelola pasar harus bekerja sama dengan BRI. Selanjutnya, BRI Unit terdekat akan mengedukasi para pedagang pasar untuk mengimplementasikan pemasaran via Web Pasar, mekanisme pembayarannya, serta pengiriman barang ke pembeli.
“Dalam mempersiapkan metode ini, BRI mengumpulkan data pedagang pasar, pendampingan input data dalam web, serta turut aktif mengkomunikasikan ke masyarakat,” ungkap Bahar.