121 Mahasiswa Ikuti Inbound Luring PMMDN di Untad

  • Whatsapp
received_389366942973620-9151e507
FOTO: Penyematan topi oleh Rektor Untad, Prof. Dr. Ir. Mahfudz, MP, kepada perwakilan peserta inbound luring PMMDN di Untad, Minggu (14/11/2021). FOTO: JEFRI/MS

PALU, MERCUSUAR – Universitas Tadulako (Untad) melaksanakan penerimaan peserta inbound Pertukaran Mahasiswa Merdeka Dalam Negeri (PMMDN), Minggu (14/11/2021), bertempat di salah satu hotel di Kota Palu. Ketua Pusbang MBKM Untad, Dr. Anang M. Diah, M. Si., Ph.D, dalam laporannya mengatakan, inbound PMMDN di Untad, diikuti oleh 121 mahasiswa dari 16 perguruan tinggi di Indonesia. 

“Sebenarnya ada 235 mahasiswa yang inbound di Untad, namun 191 mahasiswa yang aktif, dan 148 mahasiswa yang lolos inbound luring di Untad dan akhirnya 121 mahasiswa yang bisa hadir dalam inbound luring,”

Berita Terkait

Pilihan Redaksi :  Ketua TP-PKK Pertemuan dengan Tim Perempuan Adipura

Progres PMMDN di Untad sendiri telah dimulai sejak Maret 2021, ditandai dengan sosialisasi, penerimaan mahasiswa, penyiapan mata kuliah unggulan, serta dosen mentor. Dari proses ini, ada 436 pendaftar yang mendaftar untuk PMMDN di Untad. 

“Dalam PMMDN di Untad, ada 172 mata kuliah unggulan, dengan 350-an dosen mentor, serta tambahan 24 dosen Modul Nasional,” ujarnya.

Kemudian, ada 231 mahasiswa Untad yang mengikuti PMMDN di 31 perguruan tinggi di luar Sulawesi. Dari jumlah ini, ada 226 mahasiswa aktif dan hanya 57 mahasiswa yang menjalani inbound luring, di 9 perguruan tinggi. 

Rektor Untad, Prof. Dr. Ir. Mahfudz, MP, dalam sambutannya, mengucapkan selamat datang kepada para mahasiswa inbound luring di Untad. Dirinya berharap, proses belajar selama dua bulan ke depan, dapat memberikan pengetahuan, pengalaman, serta kesan berharga bagi para mahasiswa peserta inbound di Untad. 

Pilihan Redaksi :  Santunan Korban Kecelakaan Muara Rapak Diserahkan Kurang dari 24 Jam

Dirinya berharap, ke depan, para peserta PMMDN ini dapat menjadi pemimpin yang berperspektif kebhinekaan, serta memahami nilai-nilai keberagaman antar daerah di Indonesia. 

Dirinya juga memberi apresiasi kepada Wakil Rektor bidang Akademik, Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan, Pusbang MBKM, serta panitia yang telah bekerja keras untuk menyukseskan program ini. 

Sementara itu, Wakil Rektor bidang Akademik, Dr. Lukman Nadjamuddin, M.Hum mengatakan, program PMMDN ini berlangsung selama 1 semester, dengan sistem alih kredit 20 SKS. Untuk inbound luring sendiri, dilaksanakan selama dua bulan ke depan. 

Dirinya berharap, lewat program PMMDN ini, para peserta inbound di Untad maupun mahasiswa Untad yang inbound di perguruan tinggi lain, mendapat pengalaman belajar yang luar biasa. Untuk peserta inbound di Untad, dirinya berharap para peserta dapat menikmati berbagai aspek keunikan Kota Palu dan sekitarnya, misalnya aspek budaya dan sejarah lokal, aspek pengetahuan kebencanaan, iklim, kuliner tradisional, dan berbagai aspek lainnya. 

Pilihan Redaksi :  FKM Untad Jalin Kerja Sama dengan BPBD Sulteng

Penerimaan peserta inbound PMMDN di Untad ini, ditandai dengan pengalungan tanda pengenal dan penyematan topi kepada perwakilan peserta, secara simbolis. JEF

Baca Juga