1825 Calon Mahasiswa Lolos Jalur SNMPTN Untad

  • Whatsapp
Yutdam Mudin

PALU, MERCUSUAR – 1825 mahasiswa berhasil lolos jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Universitas Tadulako (Untad) tahun 2020. Jumlah ini belum memenuhi kuota yang disiapkan oleh Untad pada jalur SNMPTN yaitu 2118 orang.

Demikian dikatakan Humas Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Untad, Yutdam Mudin, Rabu (8/4/2020). Menurut Yutdam, belum terpenuhinya kuota ini, disebabkan oleh belum tercapainya kuota pada sejumlah jurusan dan program studi, karena kurangnya peminat.

Dari 1825 calon mahasiswa yang lolos via jalur SNMPTN ini, 603 di antaranya telah lolos sebagai peserta Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah. Namun kata dia, kelolosan sebagai peserta KIP Kuliah tersebut belum final, karena masih akan dilakukan verifikasi administrasi dan lapangan

“Bagi calon penerima Beasiswa KIP Kuliah, wajib mengunggah dokumen mulai tanggal 13 – 20 April 2020, melalui http://pmb.untad.ac.id/. Adapun dokumen yang diunggah, yaitu scan/foto Kartu Keluarga asli, scan/foto bukti pembayaran rekening listrik bulan terakhir, foto rumah orang tua/wali tampak depan dan ruang tamu. Untuk pengumuman penerima KIP Kuliah yang lulus verifikasi administrasi, akan dilakukan pada 27 April 2020 melalui http://pmb.untad.ac.id/,” ujarnya.

Untuk total jumlah pendaftar via jalur SNMPTN sendiri kata Yutdam, mencapai 3699 pendaftar. Adapun dari 1825 calon mahasiswa yang lolos jalur via SNMPTN ini menurut dia, sebagian besar masih terdistribusi di jurusan dan program studi favorit, sama seperti tahun sebelumnya.

“Berdasarkan data yang ada, jurusan dan program studi yang ramai peminat, seperti farmasi, teknik informatika, kedokteran, akuntansi, hingga manajemen. Untuk Farmasi misalnya, pada jalur SNMPTN ini hanya tersedia 25 kuota, sedangkan jumlah pendaftar mencapai 269 orang,” jelasnya.

Untuk registrasi ulang sendiri kata Yutdam, akan melalui mekanisme registrasi online. Bagi calon mahasiswa penerima KIP Kuliah, langsung melakukan registrasi secara online, dengan waiib mengunggah dokumen paling lambat 16 Mei 2020, melalui http://pmb.untad.ac.id/, yaitu mengisi biodata, pas foto 3×4, scan/foto Kartu Keluarga asli, serta mengunduh surat peryataan, dan membubuhi materai dan tanda tangan, kemudian mengunggah scan surat pemyataan tersebut.

Khusus Program Studi Pendidikan Dokter, dapat dilihat pada laman http://pmb.untad.ac.id/. Kemudian untuk mahasiswa non penerima KIP Kuliah, selain melakukan registrasi secara online, juga membayar biaya pendidikan (Uang Kuliah Tunggal – UKT), mulai tanggal 13 April – 11 Mei 2020.

Pembayaran kata Yutdam, dapat dilakukan melalui transaksi E-Channel (Anjungan Tunai Mandiri, Mobile Banking, dan lntemet Banking) Bank BNI dan Bank Syariah Mandiri (BSM) di seluruh lndonesia. Untuk panduan sendiri, dapat dilihat pada laman http://pmb.untad.ac.id. JEF

Baca Juga