Bangkitkan Nilai Kebangsaan Lewat Menwa

  • Whatsapp
D562D0B3-6891-4B76-B034-5C7747D06362-5567f642
Berni bersama Arjuna Pasopati Shooting Team saat memberikan dana perbaikan Markas Komando Pawana Cakti Sulteng, Kamis (28/10/2021). FOTO: MUHAMMAD RIFKI

PALU, MERCUSUAR – Pengamat Resimen Mahasiswa (Menwa) Indonesia, Berni menurutkan, nilai-nilai kebangsaan dan rasa cinta tanah air bisa dibangkitkan dengan adanya Menwa. Menwa berperan penting dalam dalan pertahanan bela negara.
Hal ini disampaikan Berni, usai mengunjungi anggota Menwa di Sulteng, Kamis (28/10/2021). Menurutnya, Nilai bela Negara bukan sekadar mencintai tanah air, melainkan dibarengi dengan wajib latihan militer. Sehingga, lebih terbentuk rasa satu kestauan, Nasionalisme yang kuat dan jauh dari radikalisme.
“Ibarat sedang bermain bandminton, kalo sekadar mencintai olahraga itu, harus diselaraskan dengan praktik atau latihan. Biar jiwanya menyatu. Nah, begitu pula dengan cinta tanah air, kalau sekadar cinta tanpa praktik seperti latihan militer, mana bisa,”terangnya.
Berni dalam bukunya menyatakan, Menwa bisa menjadi masa depan kampus dan berkontribusi di tengah masyarakat. Karena, berdasarkan fungsi Menwa, yakni membantu pemerintah dalam melaksanakan ketertiban umum, perlindungan rakyat apabila dibutuhkan.
Menwa juga membantu upaya penaggulangan bancana di kampus maupun lingkungannya. Peran Menwa dapat menumbuhkan dan meningkatkan semangat bela Negara. Terlebih lagi, membantu TNI/Polri melaksanakan pembinaan dan pertahanan keamanan Negara dalam keadaan tertentu.
Berni datang di Palu bersama Arjuna Pasopati Shooting Team. Kedatangannya juga memberikan dukungan anggaran perbaikan Markas Komando Pawana Cakti Sulteng. Dalam kegiatan itu, juga dihadiri pengurus Ikatan Alumni Resimen Mahasiwa Indonesia (IARMI).
Mantan Atlet Tenis Internasional nantinya akan menggelar bedah buku tentang “Menwa Terabaikan Di Simpang Zaman, Tetap Lurus Walau Salah Urus,”. IKI

Pilihan Redaksi :  Rektor Untad Lantik Wakil Dekan Fakultas Kehutanan

Baca Juga