Bentuk Karakter Kepemimpinan Mahasiswa, FKIP Untad Gelar Seminar Nasional Manajemen Kepemimpinan

  • Whatsapp

PALU, MERCUSUAR – Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Tadulako (Untad) melaksanakan rangkaian Seminar Nasional Kemahasiswaan, yang dimulai pada Selasa (5/3/2024). Rangkaian seminar nasional ini, dimulai dengan Seminar Nasional Manajemen Kepemimpinan, yang dilaksanakan di Ballroom Palu Golden Hotel. 

Seminar Nasional Manajemen Kepemimpinan ini menghadirkan dua orang narasumber, masing-masing akademisi Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Dr. Baharuddin, S.Pd.I., M.Pd dan akademisi Universitas Kristen Indonesia (UKI), Dr. Dra. Erni Murniarti, SH., M.Pd. 

Dr. Baharuddin dalam pemaparannya menekankan, kompetensi merupakan hal yang penting dalam manajemen kepemimpinan. Kompetensi kata dia, tidak melihat dari perguruan tinggi mana kita berasal, namun kemampuan kita menguasai sebuah bidang keilmuan yang kita tekuni. 

Selain kompetensi, menurut Dr. Baharuddin, etika dan sikap juga mempengaruhi kepemimpinan seseorang. Kompetensi yang beriringan dengan etika, menurutnya merupakan ciri seorang pemimpin yang ideal. 

“Untuk itu, organisasi memiliki peran penting untuk membentuk dua kemampuan tersebut, baik kompetensi maupun etika,” ujarnya. 

Sementara itu, Dr. Erni dalam pemaparannya mengatakan, menjadi seorang pemimpin, dimulai dari diri sendiri. Menurutnya, membangun kepemimpinan mulai dari diri sendiri, membantu kita untuk mampu mengambil keputusan. 

“Jadikan diri kita menjadi figur yang patut dicontohi. Keteladanan kita yang nanti akan ditiru oleh orang-orang yang kita pimpin maupun yang setara dengan kita,” ujarnya. 

Wakil Dekan FKIP Untad bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Iskandar, M.Hum, mengatakan, rangkaian seminar nasional kemahasiswaan ini dilaksanakan untuk membentuk karakter dan jiwa kepemimpinan mahasiswa FKIP Untad. Kata dia, manajemen kepemimpinan dan pendidikan karakter, merupakan elemen penting yang harus dimiliki oleh mahasiswa, untuk menjadi figur pemimpin di masa depan. JEF

Baca Juga