DKP Pamerkan Foto Palu Tempo Dulu

ARSIP

SIRANINDI, MERCUSUAR – Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (DKP) Kota Palu mendirikan stan pameran foto dan arsip Palu Tempo Dulu di lokasi pelaksanaan Tangga Banggo Siranindi Festival, yang akan berlangsung dari 6-9 September 2018. Stan pameran ini menampilkan koleksi-koleksi arsip dan foto terkait Palu Tempo Dulu, yang tersimpan di ruang pamer arsip dan foto dinas tersebut.

Slamat Anugrah, salah seorang pengelola stan pameran tersebut mengatakan, stan pameran ini dikelola oleh bidang kearsipan pada dinas tersebut. Pihak Dinas Kearsipan dan Perpustakaan kata Slamat, memang selalu aktif mengikuti pameran di beberapa iven yang dilaksanakan, baik di tingkat kelurahan, kecamatan, kota, hingga provinsi.

“Kami selalu berupaya ubntuk terlibat aktif dalam pameran, dalam rangka mengoptimalkan pelayanan arsip kepada masyarakat,” ujarnya.

Pada pameran kali ini kata dia, pihak pengelola stan menampilkan sejumlah koleksi foto dan arsip yang ada, seperti koleksi foto masa kejayaan Persipal era 1970an, foto sejumlah Magau/Raja Kerajaan Palu, foto-foto lanskap dan ruang publik Palu Tempo Dulu, arsip perjanjian kolonial yang berangka tahun 1800an, serta sejumlah arsip foto tentang perkembangan perguruan Alkhairaat yang terletak di wilayah kelurahan Siranindi. Arsip dan foto ini kata dia, merupakan koleksi yang bersumber dari hasil penelusuran Komunitas Historia Sulawesi Tengah KHST) yang bermitra dengan dinas tersebut, serta koleksi yang diserahkan sejumlah pihak untuk disimpan di dinas tersebut.

Pihak pengelola stan kata Slamat, juga memutar sejumlah film yang bertema sejarah atau film lawas yang menggambarkan suasana Kota Palu pada masa lalu. Adapun sejumlah judul film yang akan diputar seperti Mutiara Dalam Lumpur, Guru Tua Dalam Kenangan dan Peristiwa Tinombala. JEF

Pos terkait