LPKA Palu Hadirkan Program Layanan Kurtal

Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Palu telah menerapkan inovasi guna mempermudah dan memaksimalkan pelayanan kunjungan bagi keluarga anak binaan. FOTO: DOK LPKA PALU

PETOBO, MERCUSUAR –  Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Palu telah menerapkan inovasi guna mempermudah dan memaksimalkan pelayanan kunjungan bagi keluarga anak binaan. Inovasi yang diterapkan dengan memaksimalkan kanal Whatsapp dengan menghadirkan program layanan Kurtal (Kunjungan Virtual), Sabtu (13/4/2024)

Kepala LPKA Palu, Revanda Bangun menjelaskan, pemilihan Whatsapp dalam pendaftaran kunjungan bagi keluarga anak binaan, mengingat aplikasi ini mudah dan sering digunakan di masyarakat pada umumnya. 

“Selain kunjungan tatap muka, kita juga permudah kunjungan dengan menghadirkan program Layanan Kurtal. Jadi, keluarga anak binaan yang lokasinya cukup jauh bisa melakukan kunjungan dengan mudah,” jelas Revanda.

Revanda juga menyampaikan, dalam pelaksanannya, LPKA Palu menyiapkan grup Whatsapp keluarga seluruh anak binaan dengan dikoordinir oleh satu staf dan diawasi oleh pejabat yang berwenang.

“Selain membuat grup, kita juga menambah jumlah perangkat komputer yang digunakan. Saat ini ada tiga buah, tujuannya agar layanan Kurtal di LPKA Palu tetap berjalan lancar,” ujar Revanda

Sementara itu, Kepala Kanwil Kemenkumham Sulteng, Hermansyah Siregar mengatakan, inovasi layanan ini sangat baik dan beliau memberikan apresiasi terhadap terobosan yang dihadirkan oleh LPKA Palu.

Hermansyah juga berharap agar layanan ini dapat diterapkan oleh lapas/rutan yang ada di Sulteng.

“Dengan adanya inovasi ini, kita pastikan masyarakat dapat menikmati layanan yang mudah dan cepat. Semoga layanan ini dapat diterapkan pada Lapas/Rutan,” tutup Hermansyah. */JEF

Pos terkait