SMAN 7 Palu Latih Kepemimpinan Puluhan Siswa 

SMAN 7 LDKS-07df0b28
FOTO BERSAMA - Kepala SMAN 7 Palu, Anas Syakir MPd berfoto bersama para pembina dan pengurus OSIS pada pelatihan LDKS, Senin (29/8/2022).FOTO: RUSTAM/MS

TAWAELI, MERCUSUAR – SMAN 7 Palu melaksanakan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) kepada 80 siswa. Kegiatan tersebut sebagai bentuk proses persiapan untuk mencari para calon pemimpin Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) dan jajaran pengurusnya untuk priode 2022/2023.

Sebelumnya seluruh siswa diberikan kesempatan untuk mengambil bagian dalam kepengurusan OSIS untuk priode 2022/2023. Dari ratusan yang mendaftar sebanyak 150 yang lolos tahap pertama, selanjutnya mereka kembali menyeleksi menjadi 80 siswa. Seluruh siswa yang terpilih akan mengikuti LDKS yang dilaksanakan selama enam hari mulai 29 Agustus – 3 September 2022.

“Seluruh siswa yang mengikuti LDKS merupakan para siswa yang akan dipersiapkan untuk bisa menjadi calon Ketua OSIS dan Pengurus lainnya. Pelatihan ini sangat penting untuk memberikan pengetahuan kepada seluruh siswa terutama dalam hal kepempimpinan. Sebab mereka nantinya akan mengantikan para pengurus OSIS periode sebelumnya yang akan selesai masa jabatannya pada September,” kata Kepala SMAN 7 Palu, Anas Syakir MPd, Senin (29/7/2022).

Ia menambahkan memang seluruh kepengurusan OSIS di sekolah setiap tahunnya harus berganti dengan kepengurusan yang baru, sehingga kegiatan itu salah satu upaya sekolah dalam mencari kepengurusan baru dengan melaksanakan LDKS. Pelatihan tersebut disajikan berbagai materi diantaranya, kepemimpinan dan public speaking.

Dilanjutkan dengan materi dinamika Kelompok, penyusunan proposal kegiatan, pembuatan pertanggung jawaban kegiatan, dan berbagai materi lainnya seperti peraturan baris berbaris.

“Kami hanya berupaya dengan kegiatan ini bisa mendapatkan para calon atau kandidat terbaik dalam pemilihan Ketua OSIS SMAN 7 Palu untuk priode 2022/2023. Jadi setelah didapatkan para calon ketua, akan diberikan kesempatan untuk melaksanakan kampanye kepada para siswa untuk bisa menyampaikan visi misi para calon masing-masing,” terangnya.

Setelah itu nantinya pada saat pemilihan sekolah memberikan kesempatan kepada seluruh siswa untuk memilih para calon ketua OSIS. Jadi siapa calon yang mendapatkan suara terbanyak akan secara otomatis akan dilantik menjadi ketua OSIS periode 2022/2023.

Pihaknya berharap,pelatihan itu, seluruh siswa bisa siap menjadi pemimpin OSIS yang menjadi dasar mereka untuk menjadi pemimpin daerah kedepan. Sebab sekolah juga sudah menyiapkan anggaran khusus bagi pengurus OSIS untuk mereka kelola selama setahun. UTM

Pos terkait