MAKASSAR – Gojek penyedia layanan on-demand Tanah Air mengirimkan lebih dari 30 ton bantuan cepat tanggap ke Palu, Sigi, dan Donggala. Bantuan tersebut terdiri dari kebutuhan tenda darurat, makanan siap saji dan air bersih.
Dalam pendistribusian bantuan tersebut Gojek bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI), untuk memastikan bantuan sampai ke pihak yang membutuhkan.
VP East Region Gojek, Anandita Danaatmaja di sela sambutannya pada pemberian secara simbolis di kantornya Jl Sultan Alauddin Makassar berharap dengan bantuan ini masyarakat yang terdampak gempa dan tsunami bisa cepat beraktivitas seperti sedia kala.
“Kami Keluarga besar Gojek turut prihatin terhadap bencana gempa yang menimpa masyarakat Palu, Sigi, dan Donggala. Kami sangat memahami bahwa banyak keperluan mendesak yang dibutuhkan masyarakat yang terkena dampak bencana. Oleh karena itu, sesudah berdiskusi dengan berbagai pihak mengenai kebutuhan di lokasi, kami berusaha mengirimkan bantuan dalam periode tanggap darurat ini,” ujar Anandita.
Tak hanya mengirimkan bantuan, mitra-mitra GO-JEK bersama Palang Merah Indonesia juga bekerja sama menyalurkan bantuan logistik seperti obat-obatan, selimut dan matras serta mengantarkan dokter dan relawan ke daerah terdampak.
“Beberapa lokasi terdampak sangat susah ditembus oleh kendaraan roda empat. Mitra kami pengemudi roda dua akan membantu mengantarkan ke lokasi-lokasi yang sulit ditembus tersebut. Sebelum mitra-mitra kami melakukan penyaluran, mereka akan mendapatkan pengarahan terlebih dahulu dari PMI terkait operasional pendataan dan briefing keselamatan. Ini untuk memastikan mitra-mitra kami bisa mengantarkan dengan selamat sampai tujuan,” kata Anandita.
Sekretaris PMI Sulsel, Luthfi Qadir berterima kasih pada Gojek yang telah membantu masyarakat terdampak gempa Palu dan Donggala melalui PMI.
“Bantuan ini menjadi bukti nyata kepedulian Gojek dalam membantu sesama. Tidak hanya membantu dalam bentuk logistik bantuan, tapi Gojek juga membantu PMI melalui profesi mereka yaitu transportasi bantuan sekaligus mendata kebutuhan warga,” katanya.
Pengguna Gojek Bisa Berdonasi
Tak hanya mengirimkan bantuan, kepedulian GO-JEK terhadap masyarakat yang terdampak oleh Gempa Palu dan Donggala juga ditujukan dengan pengumpulan donasi via online.
Bekerja sama dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) dan Kitabisa.com, GO-JEK mengajak para penggunanya untuk berdonasi secara online. Para pengguna GO-JEK yang ingin berdonasi, kata Anindita, bisa meng-klik https://kitabisa.com/untukpaludonggala untuk menunjukkan kepedulian mereka.
“Kami bersama dengan Baznas dan Kitabisa telah membuka donasi online ini sejak tanggal 29 September lalu. Alhamdulillah, per hari ini, donasi sudah mencapai lebih dari Rp 740 juta Semua donasi yang terkumpul akan dimanfaatkan oleh Baznas untuk penyediaan layanan darurat, dapur umum dan air bersih serta penyediaan layanan kesehatan,” kata Anandita.MAN