Banggai vs Bangkep Awali GSI Tingkat Provinsi

  • Whatsapp

PALU, MERCUSUAR-  Kompetisi Sepakbola pelajar  jenjang  SMP yang bertajuk Gala Siswa Indonesia (GSI) 2023 tingkat provinsi Sulawesi Tengah mulai digelar Selasa (8/8/2023) pagi ini.  Dalam drawing pembagian grup yang dilakukan di Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Tengah Senin (7/8/2023) malam tadi, Kabupaten Banggai akan menantang saudara mudanya, Banggai Kepulauan yang dimulai pukul 7.30 Wita dilanjutkan laga antara Parigi Moutong (Parmout) versus Kabupaten Donggala mulai  pukul 8.45 Wita.

Terkait hal itu, manajer tim GSI Kabupaten Banggai, Supardi menyebut  skuadnya punya harapan besar tampil di podium pertama GSI Provinsi tahun ini. “Kami ini tim pendatang baru di GSI Provinsi. Tentunya juga punya keinginan besar untuk juara, sama dengan tim lainnya, sebab kami sudah melakukan persiapan,” ujar Supardi. 

Hal yang sama juga dikatakan head coach GSI Kabupaten Donggala, Ashar Rifai yang sangat yakin dengan kekuatan timnya untuk jadi wakil Sulteng di GSI Nasional. Kalau tim lainnya juga punya target juara, kami apalagi. Artinya kami datang ke provinsi sudah dengan persiapan maksimal,” tutur Rifai . 

Sementara itu, pelatih GSI Kota Palu, Jalal Main bersikap lebih tenang dan tak mau gegabah di kejuaraan ini yang diikuti 7 tim , dari 13 kabupaten kota di Sulawesi Tengah. “Saya kira rasa optimis itu perlu disuarakan untuk  memotivasi diri. Tapi, jangan sampai jadi beban. Olehnya saya hanya berharap anak-anak berada dalam performa terbaik dan mental yang baik pula. Kalau sudsah itu dimiliki, Insha Allah anak-anak bisa maksimal,” ujar Jalal Main.

Ketidakhadiran 6 daerah lainnya di GSI Tingkat Provinsi ini, ditanggapi oleh kordinator GSI, Muhammad Warsita. Menurutnya, daerah yang tak berpartisipasi disebabkan kerena kekuarangan anggaran. “Sebenarnya daerah yang tidak hadir ini bisa langsung melakukan seleksi langsung di tingkat kabupaten tanpa perlu dari jenjang sekolah sampai ke kecamatan, asalkan itu dilakukan sebelum bulan Mei saat aplikasi masih bisa diakses,” ujar Warsita.  

Tim pemandu bakat dari Asprov PSSI Sulteng, yakni Kamalauddin, dan  M Agusman akan bertugas menyeleksi para pemain yang kemudian akan memperkuat Sulawesi Tengah di GSI Nasional di Jakarta. CLG

Baca Juga