PARMOUT, MERCUSUAR – PT Bank Negara Indonesia (Persero) atau BNI Kantor Cabang Unit (KCU) Parigi mengajak puluhan pelajar dari SMAN 1 Parigi untuk field trip Service Excellence Banking untuk mengenal lebih dekat kondisi perbankan. Field trip atau anjang karya ini diadakan serentak oleh seluruh kantor-kantor cabang operasional BNI se-Indonesia pada Rabu (2/5/2018).
Undangan disampaikan secara serentak oleh BNI pada 2 Mei 2018 kepada para pelajar dan guru-guru pendamping untuk mengunjungi outlet-outlet BNI di seluruh penjuru Indonesia. Rangkaian acara ini diselenggarakan BNI untuk berpartisipasi dalam peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang jatuh pada 2 Mei, sekaligus sebagai perwujudan tema peringatan Hardiknas tahun ini yaitu Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan.
Puncak acara kunjungan atau field trip sebanyak 25.250 pelajar ke outlet BNI dilaksanakan di kantor Pusat BNI, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta. Acara ini dimulai secara simbolis oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Republik Indonesia Muhadjir Effendy. Hadir pada kesempatan tersebut Direktur Utama BNI Achmad Baiquni, serta sekitar 320 tamu undangan, termasuk siswa-siswa pelajar TK, SD, SMP, dan SMA atau sederajat beserta para guru pendamping dari Jakarta dan sekitarnya.
Achmad Baiquni menuturkan, kegiatan field trip ini bertemakan Banking Service Excellence. Tujuan aktivitas ini adalah memperkenalkan penerapan Service Excellence atau Pelayanan Prima di BNI dan perbankan Indonesia pada umumnya. Dengan mengundang para pelajar tersebut, BNI mengharapkan akan dapat menanamkan budaya melayani sejak dini kepada generasi muda.
“Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kontribusi BNI terhadap seluruh masyarakat Indonesia dalam upaya meningkatkan kualitas manusia Indonesia melalui sektor pendidikan, sekaligus mewujudkan tanggung jawab BNI sebagai agen pembangunan,” ungkap Baiquni.
Field Trip ini juga sekaligus mendekatkan layanan perbankan kepada pelajar, sehingga dapat menjadi bagian dari upaya mempercepat literasi keuangan yang terus digelorakan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Untuk pengembangan literasi keuangan, para pelajar yang mengunjungi ke-800 outlet BNI akan berkesempatan berinteraksi dengan garda terdepan layanan perbankan, mulai dari Customer Service, Teller, Petugas Satuan Pengamanan, hingga Penggunaan mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM).
Ditambahkan oleh Catur Budi Harto, Direktur Bisnis Kecil dan Jaringan, bahwa BNI serius dalam mempertahankan layanan-layanan yang unggul dalam kerangka memuaskan nasabah dan masyarakat lain pengguna jasa perbankan di Indonesia, bahkan hingga ke luar negeri. Salah satu upaya mempertahankan Pelayanan Unggul agar dapat meluas secara nasional ke seluruh cabang BNI di seluruh Indonesia adalah dengan menggelar ajang Competition, Awarding, dan Recognition dalam bentuk BNI Service & Sales Excellence Award (SSEA) Tingkat Nasional yang digelar setiap tahun. Pada tahun ini, SSEA akan digelar pada 11 – 12 Mei 2018.
Sebelum ini, BNI tercatat sebagai bank yang mendapatkan berbagai apresiasi dalam hal pelayanan. Pertama, Diamond Award yang merupakan Kategori Tertinggi Regular Banking – Service Quality Award 2017 by Center for Customer Satisfaction & Loyalty (CCSL) – Agustus 2017. Kedua, Peringkat kedua – Silver Champion pada kategori Bank BUKU IV – Wow Service Excellence Award 2017 – Desember 2017 dari MarkPlus Inc. Ketiga, Peringkat 1 (Bank BUMN) dalam hal Satisfaction, Loyalty, dan Engagement Survey – April 2018 dari Marketing Research Indonesia (MRI).RES/*