Lurah Loji Tukar Sampah dengan Uang

  • Whatsapp
LURAH Loji, Mohamad Ramli Lapu, didampingi stafnya sedang melakukan proses timbang dan penukaran sampah yang dibawa masyarakat di Kelurahan Loji, Senin (2/7/2018). FOTO: IST

PARMOUT, MERCUSUAR-  Sebuah terobosan unik dilakukan Lurah Loji Kecamatan Parigi, Mohamad Ramli Lampu. Ia membuat Inovasi proyek perubahan ‘Tukar Sampah Dengan Uang’. Inovasi itu ia lakukan agar masyarakat tidak lagi membuang sampah sembarangan, tetapi sampah bisa dikumpulkan dan bisa menghasilkan uang.

“Program ini juga saya lakukan dalam rangka meciptakan lingkungan yang bersih,”kata Lurah Loji, Mohamad Ramli, ketika melakukan sosialisasi program itu di Kelurahan Loji, Senin (2/7/2018).

Berita Terkait

Lanjut Ramli, tidak semua sampah bisa ditukar dengan uang, hanya sampah kering yang bisa diolah kembali, salah satunya sampah dari bahan bahan plastik. Sebagai langkah awal, Pemerintah Kelurahan Loji menukar sampah tersebut dengan sembako, seperti beras. Khusus untuk pelajar yang datang membawa sampah, pihaknya menukar sampah tersebut dengan buku tulis.

Pilihan Redaksi :  Pemkab Parmout, Reviu Kinerja Penanganan Stunting

“Semua sampah yang masuk kita timbang lalu kita tampung di bank sampah. Yang bisa diolah kita olah menjadi bahan bahan yang bernilai ekonomi. Masyarakat bisa mengambil dua manfaat dari program ini. Pertama lingkungan menjadi bersih. Kedua masyarakat bisa menambah nilai ekonominya,”jelasnya.

Inovasi itu merupakan program proyek perubahan yang ia lakukan sebagai peserta Diklat Kepemimpinan Tingkat IV angkatan LXII Kabupaten Parigi Moutong. Ramli berharap program itu bisa berjalan terus, sehingga membawa dampak positif bagi lingkungan dan masyarakat.

“Saya berharap Inovasi ini akan terus berkesinambungan dan bisa ditingkatkan dimasa-masa mendatang,”tandasnya.  FIT

 

 

Baca Juga