FKM Untad Jalin Kerja Sama dengan FKM Untika Luwuk

  • Whatsapp
FKM-fad884a5
Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Tadulako (Untad) menerima kunjungan dan menjalin kerja sama dengan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Tompotika (Untika) Luwuk. FOTO: DOK FKM UNTAD

PALU, MERCUSUAR – Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Tadulako (Untad) menerima kunjungan dan menjalin kerja sama dengan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Tompotika (Untika) Luwuk. Dokumen yang ditandatangani di ruang Dekanat tersebut, meliputi Memorandum of Agreement (MoA) antara kedua fakultas, dan Surat Perjanjian Kerja Sama (SPK) antara Program Studi Kesehatan Masyarakat dan Program Studi Gizi FKM Untad dengan Program Studi Kesehatan Masyarakat FKM Untika. Adapun substansi kerja sama adalah, terkait penyelenggaraan Tri Dharma perguruan tinggi dan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM).

Terkait giat tersebut, Dekan FKM Untika Luwuk, Ramli A. Bidullah, S.KM., M.Kes berharap, agar kegiatan terkait Tri Dharma perguruan tinggi dan MBKM, mampu dilaksanakan bersama oleh kedua pihak. Sementara itu, Dekan FKM Untad, Prof. Dr. Nurdin Rahman, M.Si., M.Kes berharap, MoA dan SPK tersebut segera ditindaklanjuti oleh fakultas, khususnya Program Studi Kesehatan Masyarakat dan Program Studi Gizi, dalam kegiatan yang terkait dengan Tri Dharma perguruan tinggi, termasuk yang terkait dengan program MBKM dan juga terkait dengan pencapaian target IKU. 

Berita Terkait

“Mohon untuk koordinasi intensif antar program studi terkait, dalam lingkungan FKM Untika, untuk rencana kegiatannya,” ujar Nurdin Rahman. 

Wakil Dekan Bidang Akademik FKM Untad, Dr. Muh. Ryman Napirah, S.KM., M.Kes,  juga berharap agar kerja sama ini mampu terimplementasikan secara operasional, guna pencapaian indikator IKU institusi.

“Potensi yang digagas dan dapat dilaksanakan bersama terkait pertukaran mahasiswa, dalam hal memprogramkan mata kuliah terkait visi keilmuan masing-masing institusi, pertukaran dosen, kegiatan ilmiah, kolaborasi riset dan publikasi, serta pengabdian kepada masyarakat, termasuk magang dan KKN mahasiswa,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Koordinator Program Studi Kesehatan Masyarakat FKM Untad, Herawanto, S.KM., M.Kes menilai, kegiatan tersebut menjadi awal untuk bersama-sama meningkatkan kualitas Tri Dharma, sebagai penyelenggara pendidikan kesehatan masyarakat di Sulteng, untuk sumber daya kesehatan yang unggul dan tentu akan berdampak pada peningkatan derajat kesehatan masyarakat di Sulteng.

Koordinator Program Studi Gizi FKM Untad, St. Ika Fitrasyah, S.Gz., M.Si mengatakan, kerja sama ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas akademik, keprofesian sumber daya manusia, dan pelaksanaan Tri Dharma perguruan tinggi di kedua institusi, sehingga tercipta proses pendidikan yang memiliki standar kualitas yang baik di program studi tersebut. CLG

Baca Juga