Sistem Pencalonan DPD Gunakan Metode Sampling

  • Whatsapp

PALU, MERCUSUAR – Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah merancang Peraturan KPU (PKPU) tentang Pencalonan Perseorangan Peserta Pemilihan Umum Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) pada Pemilu 2024.

Salah satu hal yang berubah dalam sistem pencalonan anggota DPD tersebut adalah dihapusnya metode sensus dalam penentuan pendukung yang akan diverifikasi faktual.

“Metode sensus dihapus dan menggunakan metode sampling. Penentuan jumlah sampelnya dengan metode Krejcie dan MorgaN,” kata Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih (Sosdik Lih) dan Partisipasi Masyarakat (Parmas) KPU Sulteng, Dr Sahran Raden, saat menjadi pemateri Rapat Koordinasi (Rakor) Pencalonan Perseorangan Peserta Pemilu Anggota DPD, di Palu, Sabtu (26/11/2022).

Sahran menjelaskan. penentuan sampel dengan metode systematic sampling yaitu dengan melakukan stratifikasi/pengurutan sampel berdasarkan wilayah, jenis kelamin dan umur secara berurutan.

Perubahan lainnya dari Pemilu sebelumnya adalah bakal calon harus memenuhi syarat dukungan sebelum melakukan pendaftaran.

“Pendaftaran dapat dilakukan setelah bakal calon memenuhi syarat dukungan minimal pemilih dan sebaran. Nantinya juga tidak terdapat lagi irisan tahapan verifikasi syarat dukungan dengan verifikasi syarat calon,” jelasnya.

Di Pemilu 2024 nanti, kata dia, akan dilakukan optimalisasi penggunaan Sistem Informasi Pencalonan (Silon) dan penerapan metode less paper.

“Ini untuk meminimalisasi penyampaian dokumen fisik oleh bakal calon,” terangnya.

Lebih lanjut Sahran mengatakan, KPU juga telah menyusun konsep konsep jadwal dan alur pendaftaran calon.

Kata dia, pendaftaran bakal calon DPD akan berlangsung 1 sampai 14 Mei 2023.

Tahapan tersebut berlanjut pada verifikasi administrasi, pemberitahuan hasil verifikasi administrasi, penyerahan perbaikan syarat calon, verifikasi administrasi perbaikan, pengumuman DCS, masukan dan tanggapan masyarakat atas DCS, klarifikasi atas masukan dan tanggapan masyarakat, dan penyusunan Daftar Calon Tetap (DCT) anggota DPD.

Baca Juga