Bupati: Kepsek Penentu Prestasi Sekolah

  • Whatsapp

SIGI, MERCUSUAR – Bupati Sigi Moh Irwan Lapatta menyatakan kepala sekolah (Kepsek) menjadi salah satu penentu utama terkait prestasi sekolah yang mereka pimpin.

“Baik buruknya maupun berhasil tidaknya sekola akan sangat dipengaruhi oleh sejauh mana peran kepala sekolah yang memimpinnya, dimana regulasi dari kepala sekolah bersangkutan menjadi acuan menyangkut prestasi sekolah yang dipimpin,” kata Bupati saat membuka sosialisasi Calon Kepala Sekolah (Cakep) tahun 2018 di Wisma Koromah, Jumat (6/4/2018).

Berita Terkait

Pilihan Redaksi :  Untad Bersama Pemkab Poso Deklarasikan Sekolah Peternakan Rakyat (SPR) di Pamona Selatan

Menurutnya, kepsek harus memiliki ketajaman dan keselarasan dalam menerjamahkan visi serta misi sekolah kedalam aktivitas maupun program yang diberlakukan. Hal itu berkaitan seperti kebijakan kurikulum, manajemen sarana dan prasarana, manajemen kesiswaan hingga manajemen keuangan. “Jadi pada sosialisasi ini kami harapkan dapat menjadi referensi para calon kepala sekolah agar dapat lebih berkompeten ketika kelak menjabat kepala sekolah. Kami pun meminta silahkan para peserta ini berkompetisi secara sehat,” sambungnya.

Bupati berharap seluruh jajaran sekolah di Sigi dapat fokus dalam meningkatkan indeks kepala sekolah agar kualitas pendidikan juga dapat meningkat.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Sigi Abdul Hamid Pettalolo menyatakan jumlah peserta pada sosialisasi tersebut adalah sebanyak 150 orang dari tingkat SD hingga SMP se Sigi.

Pilihan Redaksi :  Untad Bersama Pemkab Poso Deklarasikan Sekolah Peternakan Rakyat (SPR) di Pamona Selatan

Kegiatan tersebut juga merupakan salah satu rangkaian persiapan penjaringan calon kepala sekolah sekaligus meningkatkan sumberdaya manusia (SDM) para calon kepala sekolah. “Di Sigi sampai sekarang juga belum pernah dilakukan seleksi Cakep. Setelah adanya aturan yang menyebutkan harus ada seleksi Cakep,maka kami pun melaksanakannya. Olehnya kami berharap para Cakep bisa memiliki kompetensi manajerial untuk memimpin sekolah agar sekolah itu bisa berkembang,” tutupnya. BAH

Baca Juga