Bupati Usulkan Bangunan Gedung Layanan Perpustakaan

  • Whatsapp

SIGI, MERCUSUAR – Bupati Sigi, Moh Irwan didampingi Kepala Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah (BP3D) Sigi , Sutopo Sapto Condro dan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sigi, Matmar mengunjungi Perpustakaan Nasional (Perpusnas) di Jakarta, Rabu (18/1/2023).

Dalam kunjungan tersebut, Bupati Sigi bersama rombongan diterima langsung Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Perpusnas, Woro Titi Haryanti. Bupati menyampaikan permohonan terkait pembangunan gedung layanan perpustakaan di Kabupaten Sigi. 

Kata dia, di Kabupaten Sigi saat ini telah disiapkan beberapa lokasi untuk pembangunan gedung tersebut, yang nantinya tim Perpustakaan Nasional dapat mensurvei terlebih dahulu lokasinya. 

Konsep perpustakaan di Kabupaten Sigi, jelas Bupati, mengedepankan konsep yang inklusif dan modern, yang mana perpustakaan tidak hanya menjadi tempat untuk membaca buku semata. Namun, menjadi lokasi untuk mencari literasi sambil bersosialisasi sekaligus membuka ruang ekonomi baru. 

Menurutnya,  perpustakaan yang ingin dihadirkan di Kabupaten Sigi adalah perpustakaan yang terintegrasi secara menyeluruh pelayanan perpustakaannya baik secara daring maupun luring. Hal ini akan membuat masyarakat merasa mudah dalam mendapatkan akses bacaan dan literasi. 

Sementara itu, Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan, Woro Titi Haryanti mengatakan sangat mengapresiasi konsep perpustakaan yang disampaikan oleh Bupati Sigi, karena menunjukkan keseriusan dari Pemkab Sigi.

Lanjutnya, pihak Perpustakaan Nasional RI menyambut positif atas permohonan tersebut. Selain itu,  ia berharap Kabupaten Sigi dapat menyampaikan bantuan lebih banyak untuk mendukung rencana pembangunan gedung layanan perpustakaan di Sigi.

Deputi juga menyarankan agar dalam kesiapan dokumennya harus clean and clear, agar tidak menjadi masalah di masa mendatang. AJI

Baca Juga