Home Industri Mulia Kantongi Izin

  • Whatsapp
SAUS

SIGI,MERCUSUAR-Home Industri Mulia yang bergerak di bidang pengolahan Saus Tomat dan Saus Sambal di Desa Kalukubula, Kecamatan Sigi Biromaru, Kabupaten Sigi, telah mendapatkan izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Palu dan Dinas Kesehatan Kabupaten Sigi. Sementara untuk label halal masih dalam proses di Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Sigi.

Demikian dikatakan Pimpinan Home Industri Mulia Saus Tomat dan Saus Sambal Desa Kalukubula, Ferra SE,M,Si, Rabu (15/8/2018). Menurutnya, tujuan home industri adalah membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat yang ada di Desa Kalukubula Kecamatan Sigi Biromaru.

Berita Terkait

Pilihan Redaksi :  Wabup Hadiri Ibadah Syukur di Sopu

Katanya, home industri saat ini sudah memperkerjakan 10 orang untuk tenaga di kebun dan di rumah. Adapun pemasaran home industri rencananya meliputi supermarket, kios, warung, pegawai dan masyarakat umum. Namun saat ini hasil olahan home industry masih di lingkungan masyarakat.

“Dalam satu kali pengolahan kami bisa mencapai 200 botol untuk saus tomat dan saus sambal. Hasil olahan tersebut merupakan awal, kedepan pengolahan akan kami tingkatkan menjadi 250 hingga 300 botol setiap pengolahan,” terang Ferra.

Kata dia, untuk bahan baku pembuatan Saus Tomat dan Saus Sambal diperoleh dari kebun milik sendiri dan masyarakat. Pembuatan saus tomat dan saus sambal dilakukan satu minggu sekali, dengan menggunakan bahan baku tomat sebanyak 30 kilogram dan cabai sebanyak 30 kilogram.

Pilihan Redaksi :  Sigi dan Kejati Sulteng Kerjasama GAMJAK 

Bahan baku pembuatan saus tomat dan saus sambal ini dirasa tidak sulit, mengingat Kabupaten Sigi merupakan sumber bahan baku tomat dan cabai. “Bagi masyarakat petani yang memiliki tanaman tomat dan cabai kalau bisa hasilnya jangan di jual di luar Sigi kami siap membeli,” ujarnya.

Ia menambahkan, pekerjaan ini tidak mengganggu aktivitasnya sebagai seorang pegawai, karena proses pembuatan saus tomat dan saus sambal dilakukan setiap hari Sabtu dan Minggu. AJI

Baca Juga