Pemdes Karawana Optimalkan Padat Karya

  • Whatsapp
FOTO PEMDES KARAWANA

SIGI, MERCUSUAR – Pemerintah Desa (Pemdes) Karawana, Kecamatan Dolo mengoptimalkan program padat karya dalam setiap pemanfaatan Dana Desa (DD), yakni dengan memberdayakan masyarakat desa setempat sebagai pekerja dalam setiap program pembangunan.

Kepala Desa (Kades) Karawana Abd Rahman menyatakan hal itu dilakukan  sesuai dengan instruksi pemerintah pusat, yakni pengelolaan DD harus lebih mengedepankan program padat karya dengan menggunakan tenaga masyarakat desa setempat.

Berita Terkait

Berdasarkan instruksi tersebut, ia mengaku telah merekrut tenaga masyarakat untuk pengelolaan DD dengan harapan dapat mengurangi angka pengangguran.

Pilihan Redaksi :  50 Persen Siswa SMPN 2 Sigi Divaksin

“Saat ini kami sedang menerapkan program padat karya,” ujar Rahman, Senin (20/8/2018).
Menurutnya, padat karya memberi dampak positif bagi masyarakat di desanya karena dapat membuka lapangan pekerjaan, terutama bagi mereka yang sedang menganggur. Olehnya, angka pengangguran dapat menurun.

Ia menjelaskan pada tahap awal pencairan DD, pihaknya telah membuka jalan usaha tani yang baru dengan volume 650 meter dengan anggaran sekitar Rp158 juta.

“Untuk mencapai program padat karya 30 persen dari pagu anggaran, kita melibatkan kurang lebih 800 masyarakat dengan upah perharinya Rp70 ribu. Alhamdulillah sampai sekarang kerja sama kami dengan mereka berlangsung lancar,” tutupnya. BAH

Baca Juga