Sigi Kembangkan Komoditi Bawang Merah

  • Whatsapp

SIGI, MERCUSUAR – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) sangat mendukung pengembangan bawang merah melalui penangkaran di Desa Maku, Kecamatan Dolo. Hal tersebut  untuk mewujudkan swasembada bawang merah di daerah itu, mengingat bawang merah telah menjadi komoditas unggulan di Kabupaten Sigi.

Demikian dikatakan Bupati Sigi Moh Irwan Lapatta saat meninjau lokasi penangkaran bawang merah Balai Benih di Desa Maku Kecamatan Dolo, Minggu (1/4/2018).

Berita Terkait

Menurutnya, penangkaran tersebut bertujuan untuk memastikan ketersedian benih bermutu dalam rangka memenuhi benih hortikultura di Kabupaten Sigi, serta untuk mengurangi ketergantungan benih dari luar Sigi.

“Pembangunan pertanian diharapkan tumbuh dan berkembang seiring dengan pertumbuhan sektor-sektor lain, agar dapat memperbaiki keadaan perekonomian masyarakat di Kabupaten Sigi,” jelas Bupati.

Dijelaskannya, untuk memenuhi kebutuhan pasar yang cenderung meningkat dari tahun ke tahun baik pasar lokal (daerah), regional, nasional maupun internasional, maka perlu dilakukan upaya peningkatan produksi bawang melalui penyediaan benih bermutu secara berkesinambungan di Sigi.

Penangkaran penggunaan benih bermutu, tambah Bupati, diharapkan dapat mengurangi resiko kegagalan budidaya, karena bebas dari serangan hama dan penyakit dan mampu tumbuh baik pada kondisi lahan yang kurang menguntungkan. AJI

 

Baca Juga